Tanya Dokter

  • Pemilihan jenis kontrasepsi untuk penderita siklus menstruasi tidak lancar

  •  putrisurya
    Anggota
    Selamat pagi, Dok. Usia saya 29 tahun, dan saya punya masalah haid yang tidak teratur. Pasca melahirkan pada juli 2015 saya baru mendapat haid kembali akhir bulan oktober kemarin. Yang ingin saya tanyakan, apakah pil KB yang cocok untuk saya, sedangkan haid saya tidak teratur. Karena setahu saya pil KB harus diminum sesuai jadwal haid hari pertama.

    Halo putrisurya.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, pil KB merupakan salah satu metode kontrasepsi untuk menunda kehamilan. Apabila Anda menggunakan pil KB dengan benar dan teratur, pil KB dapat mencegah kehamilan sebesar 99 persen.

    Ada beberapa jenis pil KB yang dijual secara umum, yaitu pil KB yang mengandung 21 pil dan yang mengandung 28 pil. Pil KB yang mengandung 21 pil semuanya adalah pil hormon, sedangkan pil KB yang mengandung 28 pil terdiri dari 21 pil hormon dan 7 pil kosong.

    Anda dapat saja memilih salah satu dari kedua jenis pil yang telah disebutkan di atas. Pada Prinsipnya, awal meminum pil KB pada keduanya sebenarnya sama. Sebaiknya minumlah pil KB pada hari pertama menstruasi agar efek perlindungan terhadap kehamilan langsung Anda dapatkan.

    Kami menyarankan, apabila memang anda masih ragu dengan cara minum pilKB, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan bidan atau dokter spesialis kebidanan dan kandungan, sehingga segala sesuatu nya terang dan jelas.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati