Tanya Dokter

  • kemungkinan hamil jika minum pil postinor setelah berhubungan intim

  •  Alief Putera
    Anggota

    Dok, saya mau nanya. Hari jum'at jam 2 siang saya berhubungan dengan suami saya, tetapi suami saya masih belum ingin mempunyai anak, nah saya akhirnya minum pil POSTINOR 2 pada hari minggu jam 7 malam dan yang kedua pada hari senin jam 6 pagi, apakah saya akan tetap hamil dok? Setahu saya pil POSTINOR harus dikonsumsi sebelum 72 jam pasca berhubungan. Terima Kasih dok.

    Halo,   Kehamilan bisa terjadi jika sel telur berhasil dibuahi sebelum Anda mengkonsumsi postinor. Postinor adalah kontrasepsi darurat yang berisi hormon progesteron dosis tinggi untuk mencegah terjadinya kehamilan. Obat ini perlu dikonsumsi segera (sebaiknya dalam waktu<24 jam sejak berhubungan) dan maksimal bisa dikonsumsi dalam waktu < 72 jam sejak berhubungan. Baca artikel Agar tidak hamil. Maka itu melihat urutan waktu Anda maka ada kemungkinan kecil terjadinya kehamilan jika Anda berhubungan saat masa subur. Untuk mengetahuinya Anda bisa melakukan testpack minimal 2 minggu sejak hubungan intim terakhir. Untuk mencegah terjadinya kehamilan memang kontrasepsi darurat bisa digunakan pada kondisi tertentu, namun jika Anda masih belum berniat memiliki keturunan maka Gunakan kontrasepsi jenis lain yang lebih sesuai untuk Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Alief Putera  bib26
    Anggota

    dok saya ingin bertanya jika saya berhubungan pada jam 5 sore namun sperma tidak dikeluarkan di dalam. lalu saya meminum postinor 2 keesokan harinya jam 2 siang sebanyak 1 tablet. lalu saya minum kembali satu tablet 12 jam setelahnya yaitu jam 2 malam. apakah bekerja efektif mencegah kehamilan? atau saya harus meminum kembali postinor 2 tersebut? terimakasih.