Tanya Dokter

  • pilek tak kunjung sembuh disertai ingus berbau

  •  M Fakhrur Art
    Anggota

    Dok mau nanya nih... Knapa ko sampe skarang, saya masih pilek terus yaah dan ngga pernah ilang, tiap hari pasti ajaaa pilek itu menyerang, Umur saya pdhal udah 18 th jalan dok.. Trus juga yg saya rasa kdang sperti bau2 ngga enak gituh ingusnya Dan jga ditambah saya ngga bisa mencium sgala macam bau, indra penciumanya ngga bisa dirasa Itu kenapa yaah dok, bisa tolong dijelaskan dok ?

    M Fakhrur Art  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, KOndisi yang kamu alami mungkin awalnya disebabkan salah satu dari :

    • Rhinitis (radang hidung) alergik : misal terhadap tungau, serbuk sari
    • Rhinitis vasomotor : terhadap debu, asap, rokok, alkohol, perubahan suhu, udara dingin, bahkan stress fisik /emosi
    kedua kondisi di atas akan menyebabkan pilek dan hidung terumbat terus menerus, bahkan hampir tiap hari disertai pengeluaran ingus yang encer-kental keputihan. Jika terinfeksi dapat berubah kuning / kehijauan. Jika berlangsung lama, maka dapat timbul komplikasi seperti :
    • Polip hidung
    • Hipertrofi konka (pembesaran turbinasi hidung)
    • Sinusitis
    Yang berakhir pada penurunan pembauan. Untuk sinusitis dapat disertai ingus hijau/kekuningan, rasa kemeng/pegal di pipi / dahi, bau mulut, nyeri pada penekanan di pipi, sakit kepala. Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter THT untuk menjalani pemeriksaan fisik secara langsung, Umumnya gangguan-gangguan diatas harus dibedakan dengan pemeriksaan fisik langsung. Penanganan dilakukan sesuai penyebabnya. beberapa hal yang perlu dilakukan : rhinitis perawatan rhinitis pencegahan rhinitis diskusi rhinitis demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    M Fakhrur Art  M Fakhrur Art
    Anggota

    Truss oiya dok, msalah penciuman saya... Saya sjak smp mulai ga bisa mncium bau apa aja, entah itu wangi atau busuk atau apa..penyebabnya saya jg kurng tahu knapa, apa itu bisa dsmbuhin dok..??

    M Fakhrur Art  dr. Rico N
    Dokter

    seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, penurunan daya penciuman (hiposmia) dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk sinusitis, alergi hidung, polip hidung, infeksi, bahkan dapat pula menjadi gejala awal penyakit-penyakit lainnya seperti parkinson. menentukan penyebab tersebut memerlukan pemeriksaan secara langsung, mengingat penyebabnya yang sangat bervariasi. umumnya, jika penyebab mendasarinya ditemukan dan ditangani, kondisi penciuman dapat membaik (sepanjang saraf penciuman masih intak/masih dalam kondisi yang baik)

    M Fakhrur Art  feri irawan
    Anggota

    Sama bro. Coba aja gurah

    M Fakhrur Art  feri irawan
    Anggota

    saya barusan di kasih surat rujukan dari klinik umum ke dokter THT. Di jaksel dmn yah tempat rumah sakit nya?? Thx dok