Tanya Dokter

  • pilek pada bayi

  • Dok saya mau tanya,anak saya usianya 8 bln skrng kena flu batuk pilek.sdh saya bawa ke bidan dbri obat pereda btuk dan pilek.tp sdah 7 hari blm smbuh lendirx lengket dan skrng sering mengucek mata danmenarik telingadan. bgmn mngatasinya dok,terimakasih sebelumnya.

    Halo,   Batuk dan pilek pada bayi sering disebabkan akibat infeksi virus atau kondisi alergi. Batuk dan pilek pada bayi akibat infeksi virus biasanya akan sembuh sendiri seiring dengan perbaikan imunitas tubuh bayi setelah 7-10 hari. Untuk membantu mengurangi keluhan batuk dan pilek , Anda bisa membantu melakukan beberapa langkah seperti :

    1. Tetap berikan ASI, jika Anda menggunakan susu formula hindari memberikan susu terlalu kental.
    2. Perbanyak minum air putih hangat (untuk bayi > 4 bulan)
    3. Jemur sinar matahari pagi (jam 7-8 pagi)
    4. Atur suhu ruangan kamar agar tidak terlalu dingin dan kering. Hindari AC dan kipas angin.
    5. Jika pilek sangat menganggu Anda dapat memberikan 2-3 tetes larutan air garam hangat yang dimasukkan ke dalam hidung bayi, setelah itu gunakan alat penyedot untuk mengeluarkan ingus dari hidung bayi.
    6. Masukkan air panas dalam ember, telungkupkan bayi diatas pangkuan Anda dengan hidung menghadap ke arah uap panas (pegang bayi Anda kuat agar tidak terjatuh), biarkan bayi menghirup uap panas sambil Anda menepuk ringan punggung bayi untuk membantu mengeluarkan lendir ingus. Bersihkan ingus sebelum Anda membalikan bayi Anda.
    7. Berikan teh hangat pada bayi untuk membantu mengencerkan lendir (untuk bayi > 6 bulan).
    Jika keluhan batuk pilek pada bayi Anda tidak membaik atau disertai demam, menarik telinga sambil menangis kuat dan rewel, segera bawa bayi Anda ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan maksimal. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi