Tanya Dokter

  • ingus encer berwarna kuning

  • Pagi dok, oyaa dok sudah seminggu ini saya mengalami flu dan batuk, tapi pilek Kali INI cairan ingus nya ko beda ga seperti biasanya, setiap habis ngebuang ingus pasti ada cairan ingus yg encer berwarna kuning being menyerupai minyan sayur, kira2 itu apa yah dok?

    Halo, Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk mendapatkan jawaban pasti atas keluhan yang Anda alami. Sulit untuk menemukan penyebab dari cairan tersebut tanpa melihat langsung ataupun melakukan pemeriksaan fisik sama sekali. Dapat saja hal tersebut disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan yang sedang Anda alami namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh kondisi medis lainnya (misalnya kebocoran cairan serebrospinal, gangguan pada sinus, dan lain-lain). Cairan lendir yang keluar dari hidung pada saat awal flu biasanya berwarna bening dan encer lalu kemudian berubah konsistensinya menjadi lebih kental dengan warna kuning atau kehijauan. Kondisi setiap orang berbeda-beda sehingga masa penyembuhannya juga berbeda-beda dan dapat saja berlangsung hingga 14-20 hari atau lebih cepat tergantung dari tingkat keparahan penyakit dan sistem kekebalan tubuh Anda. Langkah yang dapat Anda lakukan di rumah :

    Artikel mengenai flu dan batuk dapat dibaca di bawah ini : Flu Batuk   Semoga lekas sembuh, dr.Debby Phanggestu

    St Suryannie Ab  Iman Zulfikar
    Anggota

    Kalau cairannya menjadi lengket saat di pegang itu gejala apa ya dok? Setiap saya membungkuk kadang suka keluar cair kuning tersebut, dan itu berbahaya gak? terima kasih