Tanya Dokter

  • Pilek berkepanjangan disertai sesak nafas

  •  Randy Pradana
    Anggota

    Malam dok , Saya mau tanya saya sering pilek/ingusan dan mampet hanya sebelah lubang hidung saja,jika terkena debu atau asap basti bersin dan ingusan tambah parah,awalnya saya jg tidak pernah mempunyai penyakit sesak nafas jg apa saya benar terserang penyakit sinussitis ya dok.

    Trima kasih?

    Hai Randy Kemungkinan gejala Anda disebabkan oleh iritasi atau alergi yang diakibatkan paparan debu atau asap. Sesak napas harus dibedakan dengan sulit bernapas akibat dari saluran pernapasan atas dimana misal akibat hidung tersumbat. Pada sesak napas, biasanya berasal dari paru-paru, misal akibat dari penyakit bronkitis dan asma paru, dimana umumnya disertai gejala batuk. Pada sinusitis biasanya tidak disertai gejala sesak napas melainkan sulit bernapas akibat hidung yang tersumbat. Gejala penyakit sinusitis, antara lain:

    • Pilek berulang, dengan hidung tersumbat
    • Waja terasa nyeri terutama saat menunduk
    • Sakit kepala
    • Terasa bau busuk pada hidung
    • Indera penciuman berkurang.
    Salah satu pemicu sinusitis adalah alergi seperti asap dan debu. Untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan fisik oleh dokter, serta bila perlu dengan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen kepala atau CT scan. Informasi mengenai sinusitis dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Sinusitis. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Randy Pradana  Randy Pradana
    Anggota

    Tapi ini tidak berbau busuk dok,dan apa penyakit sinusitis itu harus di obati dengan oprasi dok.

    Hai Tidak semua sinusitis memerlukan tindakan operasi. Penanganan sinusitis pertama dengan pengobatan serta menjauhi penyebabnya, bila dengan cara tersebut tidak berhasil, sinusitis berlangsung lama (kronis) dan infeksi terjadi berulang maka dipertimbangkan dengan tindakan operasi. Terima kasih ya.