Tanya Dokter

  • Penyebab pinggang serta ruas jari sakit dan kaku

  •  eliner
    Anggota

     halo dokter,

    saya ingin bertanya lagi. saya ibu usia 48 th, tinggi 150cm berat 48 kg dan dlm 7 bln ini menjadi 54 kg. masih aktif bekerja. sudah 5-6 bulan berjalan saya merasa tidak bisa tahan jika bekerja sambil duduk tanpa bersandar atau jongkok, karena saat berdiri atw posisi punggung lurus, pinggang/punggung bawah terasa kaku dan sakit sehingga harus perlahan2 diluruskan. sebelumnya, sejak sekitar 1,5 tahun jari tangan saya suka terasa sakit, seperti habis terbentur, bahkan jika diusap akan terasa nyeri, walaupun kadang sembuh, tp berulang secara acak. kaki jg akan sakit jika ditapakkan ke lantai setelah diam cukup lama/bangun tidur dan jarinya rentan dengan benturan. saya menduga2 ini rematik, asam urat atawkah osteoporosis. apa obatnya dan makanan/kegiatan apa yang harus dihindari ? terimakasih

    Hai eliner,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kaku-kaku dan nyeri punggung bawah, kaki, dan jari jemari bisa dicetuskan oleh banyak kondisi. Salah satunya kegemukan dan obesitas.

    Jika ditilik dari berat badan tinggi badan Anda, Anda tergolong memiliki kelebihan berat badan (indeks massa tubuh lebih dari 22,5). Saat mengalami kegemukan atau obesitas, tubuh cenderung akan lebih sulit bergerak. Akibatnya, sendi dan otot bisa menjadi kaku dan memunculkan keluhan-keluhan sebagaimana yang Anda rasakan. Keluhan bisa terasa lebih berat jika Anda jarang berolahraga dan tidak menjaga pola makan AndaDalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan mialgia.

    Selain itu, keluhan yang Anda alami mungkin juga dipicu oleh penyebab lain, misalnya:

    Sebaiknya, ketimbang menduga-duga tanpa dasar, Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Jika memungkinkan, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan radiologis, misalnya rontgen, USG, dan sebagainya.

    Sementara itu, redakan nyeri dan kaku dengan berbagai tips berikut:

    • Lakukan diet untuk menurunkan berat badan
    • Rajin berolahraga
    • Batasi makanan tinggi kolesterol, asam urat
    • Jika kaku dan nyeri terasa sangat mengganggu, Anda bisa mengknsumsi obat paracetamol dan suplemen vitamin B kompleks untuk mengatasinya
    • Perbanyak minum
    • Gunakan alas tidur yang nyaman, tidak terlalu kentuk, dan tidak juga terlalu keras

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah