Tanya Dokter

  • Pemeriksaan nyeri pinggang disertai penurunan nafsu makan

  • selamat siang dok,

    saya mau tanya, mama saya pinggangnya akhir2 ini sering sakit dan kalo uda sakit bikin meriang dan gak nafsu makan dok, sebelumnya ronsen kata dokter umum si ada pengapuran ditulang belakang nya, yang saya mau tanya kalo saya mau cek lebih jelas itu ke rumah sakit ke bagian apa ya dok? biar tau ada masalah apa di pinggangnya? karena saya takut ada masalah sama ginjal :'( kalau saya lakukan medical checkup apa keseluruhan penyakit bisa ketauan dok? dan apa bole saya minta saran medical checkup dimana yang bagus dan akurat hasilnya?

    makasih sebelumnya dok

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Sakit pinggang atau dalam istilah medis dikenal dengan lumbago merupakan suatu perasaan sakit yang dirasakan di sekitar tulang lumbar, diantara cakram, jaringan otot, dan saraf tulang punggung hingga organ di sekitar panggul dan perut. Beberapa hal yang dapat menyebabkan keluhan pada daerah pinggang adalah:

    Namun terkadang kondisi medis seperti batu ginjal dan endometriosis juga dapat menyebabkan nyeri pada daerah pinggang. 

    Bila memang sudah dilakukan pemeriksaan rontgen dan ditemukan adanya pengapuran pada tulang, kemungkinan masalah terjadi dari tulang. Karena pada lansia, terutama wanita yang sudah tidak mengalami menstruasi akan mudah sekali terjadi penurunan kepadatan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis. Untuk lebih pastinya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah tulang. Mungkin dokter akan menyarankan beberapa pemeriksaan lain seperti CT-Scan atau MRI dan mungkin fungsi ginjal untuk mendukung naalisa kemungkinan diagnosis penyakit ibu Anda. Sebenarnya untuk rumah sakit mana yang bagus, kami hanya dapat menyarankan rumah sakit terdekat dari tempat tinggal. Hal ini berkaitan dengan mobilitas pasien dan keluarga agar lebih mudah bila sewaktu-waktu membutuhkan penanganan segera.

    Untuk sementara, beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan pada ibu Anda adalah:

    • Usahakan untuk tetap bergerak namun secara perlahan agar tidak terjadi kekakuan pada otot akibat rasa nyeri yang mungkin timbul
    • Senantiasa menjaga postur tubuh saat duduk, berdiri, maupun berjalan
    • Kompres hangat pada bagian yang terasa sakit agar sedikit nyaman
    • Tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Perbanyak minum air putih dan hindari minuman yang mengandung kafein
    • Konsumsi obat pereda rasa nyeri yang dapat diperoleh di apotek

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati