Tanya Dokter

  • Pinggul kiri nyeri saat hamil

  •  MM
    Anggota
    Siang dok Mau tanya??? Saya sdh menderita sakit pinggul kiri sejak awal hamil Apa berdampak baik at tdk dok??? Kaki kadang terasa sakit sampe terasa lelah skl Ini anak kedua saya Anak pertama saya tdk sakit spt ini Apakah ini bawaan hamil sj ya dok??

    Nyeri pada panggul sejak awal kehamilan memang cukup sering dialami sebagian wanita sejak awal kehamilan. Kebanyakan nyeri yang dirasakan bersifat ringan dan diakibatkan oleh perubahan fisiologis yang normal terjadi saat kehamilan. Salah satu penyebab yang mungkin adalah karena pembesaran ukuran uterus (rahim) dan peregangan pada otot uterus oleh pertumbuhan janin, hal ini menyebabkan ligamen yang 'menggantung' rahim ke dinding perut ikut teregang. Biasanya nyeri yang rasakan hilang timbul dan tajam, dan muncul saat batuk, tertawa atau perubahan posisi yang mendadak. Perpindah posisi perlahan dan berisitirahat biasanya akan membuat nyeri  berkurang.

    Kemungkinan sebab lain adalah meningkatnya hormon relaxin pada saat kehamilan, yang membuat sendi dan ligamen menjadi longgar dan rileks, sebenarnya hormon ini berperan untuk persiapan persalinan. Namun sayangnya, kondisi rileks ini membuat beban pada persendian ektermitas, sehingga menyebabakan nyeri dan pegal-pegal, termasuk pada kaki.

    Namun tidak semua nyeri merupakan kondisi normal. Ada beberapa kondisi abnormal yang dapat memicu nyeri pada slaha satu bagian panggul, diantaranya adalah

    • Adanya kista ovari
    • Masalah pada organ lain, misalnya pankreatitis atau batu ginjal
    • Maslaah pada kandungan, misalnya hamil di luar kandungan (kehamilan ektopik)

    Untuk memastikan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan (Sp.OG) agar dapat dipastikan ada/tidaknya kelainan pada kehamilan Anda. Selain pemeriksaan fisik, kesehatan janin dapat dipantau dengan pemeriksaan USG.

    Sekian, semoga bermanfaat

    Dr. Siti Rahmayanti