Tanya Dokter

  • Penyebab pipi membengkak

  • Pagi dok, saya mau tanya mama saya tiba tiba pipi nya bengkak. Sebelumnya telinganya keluar air terus 3 hari kemudian pipinya membengkak. Itu kenapa dan apa solusinya dok. ? Terima kasih sebelumnya
    Duma Hutagalung  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Duma,

    Pipi yang membengkak dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan baik yang ringan atau yang lebih serius dan perlu untuk dilakukan penanganan lebih lanjut seperti:

    • Infeksi pada rongga mulut seperti gigi geligi atau gusi
    • Sinusitis atau peradangan pada rongga sinus dapat didahului oleh infeksi telinga atau infeksi saluran pernapasan
    • Batu kelenjar air liur atai infeksi kelenjar air liur
    • Penyakit gondongan
    • Tumor kelenjar ludah

    Maka perlu diperhatikan ada tidaknya kondisi lain yang menyertai seperti nyeri pada gigi, nyeri pada tulang pipi atau wajah, demam, batuk dan pilek. Agar membantu dokter untuk menentukan penyebabnya. Jaga kebersihan gigi dan rongga mulut dengan rutin menyikat gigi, mengompres pipi yang bengkak menggunakan kompres hangat atau dingin, minum air putih lebih sering, gunakan obat pereda nyeri seperti paracetamol jika diperlukan dan periksakan diri pada dokter agar diketahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan.

    Telinga berair sendiri dapat dipicu oleh adanya infeksi pada saluran telinga baik telinga bagian luar atau telinga bagian tengah. Infeksi dapat didahului dengan infeksi saluran pernapasan atau flu dan disertai gejala lain seperti nyeri telinga, rasa berdenging, rasa penuh ditelinga, demam, dan juga penurunan pendengaran. Sering kali infeksi ini memerlukan pemberian antibiotik untuk mengatasi infeksi yang terjadi sehingga perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter atau dokter ahli telinga hidung dan tenggorokan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.