Tanya Dokter

  • Penyebab sering bak, terasa nyeri di akhir dan kadang mengeluarkan darah

  • Hallo dok,  saya mau tanya,  seharian ini saya mengalami buang air kecil lebih dari 6x dan setiap BAK urinnya berwarna kuning dan baunya menyengat dan ketika tetesan terakhir terasa nyeri,  barusan sekali saya BAK lagi namun kali ini mengeluarkan bercak darah dan setelah BAK saya ngerasa pengen BAK lagi,  itu kenapa ya dok? Terima kasih dok

    Halo vitriparangswati.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang anda alami saat ini, kemungkinan mengarah ke yang dalam dunia medis disebut sebagai infeksi saluran kemih ( ISK ), umumnya penyakit ini ditandai dengan gejala : rasa nyeri saat buang air kecil, urin yang berbau menyengat, sering buang air kecil dengan jumlah urin yang sedikit, urin yang mengandung darah.

    Umumnya infeksi saluran kemih disebabkan karena bakteri masuk ke dalam saluran kemih dan akhirnya berkembang biak di kandung kemih. Jika sampai saat ini kondisi yang Anda alami masih saja dirasakan, maka kami sangat menyarankan untuk segera menemui dokter, agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut seperti tes urin, sehingga akhirnya segala sesuatu nya terang dan jelas, dan penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Tips untuk Anda : ikutilah sarana pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, selalu jaga kebersihan organ intim, hindari menahan keinginan untuk buang air kecil, minum air putih minimal 2 Liter perhari, pake celana dalam yang Longgar dan terbuat dari bahan Katun, ganti selalu celana dalam setiap harinya, Cebok dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil maupun buang air besar.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    ISK

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati