Tanya Dokter

  • penyebab pitak di kepala

  • dok saya ingin bertanya.saya sekarang umur 28th.waktu kelas 6 sd saya pernah mengalami pitak sebesar koin.oleh ayah saya di beri minyak kemiri,selang beberapa waktu tumbuh rambut tapi berwarna putih seperti uban.setelah selang beberapa tahun saya mengalami pitak lagi diberi minyak kemiri dan tumbuh seperti waktu sd.dan sekarang saya mengalami hal itu lagi.yang ingin saya tanyakan kenapa bisa terjadi pitak itu dan apa penyebabnya dok?saya juga sering mengalami sakit kalau orang jawa bilang wedangen.mohon jawabannya dok.terima kasih

    Halo novi.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami berupa pitak pada kepala dalam bahasa medis disebut sebagai alopesia, hal ini merupakan suatu keadaan rontoknya rambut yang sering terjadi pada bagian tertentu di kepala.

    Jenis - jenis dari alopesia sendiri diantaranya adalah :

    1. Alopesia areata === kerontokan rambut kepala pada bagian tertentu

    2. Alopesia Totalis === Kerontokan rambut yang terjadi di seluruh bagian kepala

    3. Alopesia universalis === Hilangnya rambut di seluruh tubuh

    Berikut ini berbagai macam hal yang dapat menyebabkan alopesia, diantaranya adalah : Pengaruh hormonal dan juga disertai dengan adanya pengaruh genetik === alopesia androgenetika, akibat dari adanya penyakit autoimun, asupan gizi yang buruk, gangguan pesikologis ( misal : stress, gangguan kecemasan, depresi, dll. ), rambut yang sering menjalani proses kimia misalnya di salon, efek samping dari obat - obatan tertentu.

    Pengobatan pada alopesia sendiri harus diketahui terlebih dahulu penyebab pastinya. oleh karena itu, kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Penyakit Kulit agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa pemeriksaan yang diperlukan terkait masalah ini, yaitu meliputi : pemeriksaan fisik === khususnya area kepala yang mengalami kebotakan, tes darah ( untuk mengetahui apakah ada penyakit autoimun ), dll. Sehingga setelah diketahui penyebab nya, Dokter akan dapat memberikan pengobatan yang tepat misalnya berupa : Minoxidil, kortikosteroid, anthralin.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    PITAK / BOTAK

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati