Tanya Dokter

  • pengobatan untuk Kaki rayapan

  • Dok, untuk penyakit kaki rayapan untuk kesembuhannya gimana yaaa? Terus juga apa nama obat olesnya yaaa yang dijual di apotik? Terimakasih.

    Halo Alamsyah, 

    Kaki rayapan atau pitted keratolysis disebabkan oleh bakteri Micrococcus sedentarius, Dermatophilis congolensis, atau bisa juga karena spesies Corynebacterium, Actinomyces maupun Streptomyces di permukaan kulit yang banyak mengalami tekanan, yaitu telapak kaki. Pada keadaan yang jarang dapat terjadi pada telapak tangan. Karena disebabkan oleh bakteri, maka pengobatannya adalah dengan antibiotik. Salep antibiotik yang mengandung asam fusidat, eritromisin dan klindamisin efektif untuk menangani hal ini, tetapi perlu resep dokter untuk mendapatkannya. Selain itu kadang infeksi ini disertai infeksi jamur sehingga memerlukan penanganan yang berbeda.

    Selain dengan salep, tentunya tidak akan sembuh apabila tidak memperbaiki kebiasaan. Selama masih terinfeksi, hindari memakai sepatu untuk sementara. Usahakan telapak kaki tetap kering, oleskan obat sesuai petunjuk dokter, bersihkan kaki dengan menggunakan antiseptik 2 kali sehari. Usahakan kaki tetap dalam keadaan kering, keadaan yang lembab dapat memperparah infeksi. Selain itu, cucilah kaos kaki-kaos kaki yang Anda miliki dengan air panas agar spesies Corynebacterium dapat mati. Setelah sembuh, agar Anda tidak terkena penyakit ini kembali, lakukan:

    • Memakai sepatu yang ukurannya sesuai, tidak terlalu sempit. Lebih bagus lagi jika model dan bahannya tidak panas atau memiliki ventilasi.
    • Ganti kaos kaki setiap hari, bila perlu lebih dari sekali jika Anda mudah berkeringat. Pilih bahan kaos kaki yang menyerap keringat. Hindari memakai kaos kaki dan sepatu bergantian dengan orang lain.
    • Cuci kaki setiap hari dengan sabun, jangan melupakan sela-sela jari

     

    Baca diskusi serupa:

    Pitted Keratolysis

    Salam, 

    dr. Mega