Tanya Dokter

  • cesar pada plasenta previa totalis

  • Met siang dok..sya mw menyambung pertanyaan yg kemarin..langkah apa aja dlm kegiatan sehari-hari supaya pendarahan itu tak terjadi lgi..dan skrg ni klo bnyak jalan perut bagian bawah suka terasa sakit..dan apa ada kemungkinan plasenta previa tu bsa melahirkan bayi cacat..trims atas jawaban'y..

    Hai, Plasenta previa totalis adalah kondisi dimana plasenta menutupi jalan lahir. Kondisi ini bisa menyebabkan perdarahan yang tiba tiba tanpa disertai rasa sakit. Biasanya perdarahan akan timbul pada trisemester ketiga ( 3 bulan terakhir kehamilan) Jika Anda pernah mengalami riwayat perdarahan maka disarankan untuk beristirahat di rumah semenjak usia kehamilan 34 minggu. Lakukan hanya aktivitas ringan dan hindari olahraga berlebih. Perhatikan baik baik kondisi bayi terutama gerakan bayi. Gerakan bayi yang normal menandakan bahwa bayi dalam kondisi stabil. Plasenta previa tidak berhubungan dengan kemungkinan bayi lahir cacat. Namun jika terjadi perdarahan akan sangat berbahaya bagi ibu dan bayi. Langkah yang bisa ibu lakukan di rumah :

    1. Istirahat cukup.
    2. Jangan sering berjongkok atau berdiri terlalu lama.
    3. Jangan berhubungan intim.
    4. olahraga ringan.
    5. Jangan berjalan terlalu lama.
    6. Jangan mengangkat barang berat.
    Jika timbul perdarahan segera hubungi dokter spesialis kandungan Anda. Pada beberapa kasus dokter bisa menyarankan Anda untuk dirawat di RS sejak kehamilan 34 minggu sampai rencana caesar dilakukan.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi