Tanya Dokter

  • Plasenta previa totalis

  •  Leni Anisah
    Anggota

    Mlm dok.......usia janin 36 w lebih 5 hari tgl 11 /9/15 operasi dan sebelum operasi kata dokter sih dikasih pematang paru2 , tapi sy lebih memilih operasi di undur hingga usia janin cukup tuk di lahirkan......dan dokter menyaran kan 5 hri atau tgl ke 15 di khawatirakan pendarahan .....yang saya tanyakan 1. bisakah sy menunda operasi sampai usia kandungan 39 minggu jika tidak ada darah yg keluar 2. Amankah mempertahankan kehamilan bila ada kontraksi yg durasinya dlm sehari hanya 3 kal Mohonbalasannya dok

    Leni Anisah  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ibu Leni, Plasenta previa adalah suatu kondisi kelainan letak plasenta/ari-ari dimana letaknya sedemikian rupa sehingga menutupi jalan lahir. Totalis artinya PP tersebut menutupi total seluruh jalan lahir. Kondisi ini tidak memungkinkan untuk melakukan persalinan normal, dan satu-satunya cara hanya dengan bedah caesar. Pada dasarnya prinsip penanganan PP adalah :

    1. Jika janin belum matang / < 37 minggu maka konservatif : sedapat mungkin (jika memungkinkan dan tentunya dengan mempertimbangkan perdarahan yang terjadi, kondisi ibu dan janin) kehamilan dipertahankan hingga cukup bulan
    2. Jika janin sudah matang (usia > 37 minggu) maka penanganannya adalah agresif / secepatnya mengakhiri kehamilan. Mengapa? karena janin sudah cukup bulan sehingga tidak ada gunanya/manfaatnya lagi untuk menunda persalinan dan kita tidak ingin sampai terjadi perdarahan baru persalinan dilakukan (hanya menambah resiko tanpa ada manfaat)
    Sehingga sebaiknya anda tidak perlu menunggu sampai 39 minggu, begitu memasuki 37 minggu maka secepatnya persalinan diakhiri. Karena 37 minggu janin matang dan kontraksi serta proses persalinan dapat terjadi kapan saja, artinya perdarahanpun dapat terjadi kapan saja. Lumayan kalau perdarahan sedikit, tapi bagaimana jika tiba-tiba terjadi perdarahan yang banyak? dan kondisi ibu / janin mengalami perubahan mendadak? jika usia kehamilan mencapai 37 minggu, apalagi jika BB bayi sudah > 2500gr maka tidak ada alasan untuk menundanya sampai 39 minggu, tindakan itu tidak ada manfaatnya tetapi memperbesar resiko. Tidak, seperti yang telah disebutkan, jika sudah memasuki 37 minggu maka persalinan dapat terjadi kapan saja. Kontraksi akan memacu pembukaan mulut rahim sehingga akan 'meregangkan/merobek' plasenta yang menutupi diatasnya dan dapat terjadi perdarahan. Sebaiknya anda berkonsultasi kembali dengan dokter anda. Jika anda memiliki keraguan, anda dapat memeriksakan diri ke dokter kandungan lain untuk mendapatkan second opinion. plasenta previa demikian yang dapat saya sampaikan ,semoga bermanfaat.