Tanya Dokter

  • Platelets dibawah normal

  •  wisnu@alshaya
    Anggota

    Hallo dok Saya seorang pria berusia 45 tahun. Saya seringkali mengalami panas dingin, namun setelah minum obat (paracetamol 500mg) beberapa hari kemudian biasanya sembuh dgn sendirinya. Tapi utk kali ini saya memeriksakan diri ke dokter. Setelah pemeriksaan darah, ternyata Platelets saya dibawah normal yakni 120 dari seharusnya 150 -450 K/ul. Apakah dengan pengobatan dan pola makan yg baik kadar platelets saya bisa kembali normal? Pertanyaan kedua, apakah penyakit ini bisa ditularkan dari suami ke istri atau sebaliknya melalui hubungan intim?

    Terima kasih atas jawabannya.

    Halo,   Kondisi platelets ( trombosit ) yang rendah dari nilai normal laboratorium bisa disebabkan karena banyak faktor yakni :

    1. Infeksi virus = dengue, malaria, hepatitis C, HIV dll
    2. Infeksi bakteri
    3. Kanker
    4. Anemia aplastik
    5. Leukemia
    6. Konsumsi alkohol berlebih
    7. ITP
    8. efek obat tertentu
    9. Kehamilan
    10. Keracunan logam berat
    11. dll.
    Untuk memastikan penyebab rendahnya trombosit Anda maka pemeriksaan lain akan diperlukan. Sebaiknya Anda memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter dan melakukan pemeriksaan medis lain sesuai dengan keluhan Anda saat ini. Kadar trombosit Anda bisa kembali normal jika penyebab rendahnya plAtelet Anda ditangani. Jika rendahnya trombosit Anda disebabkan karena infeksi virus seperti hepatitis dan HIV maka infeksi ini bisa ditularkan melalui hubungan intim. Namun penyebab lain seperti kanker, efek obat, ITP dll tidak bisa ditularkan melalui hubungan intim.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi