Tanya Dokter

  • Terapi ablasi pada penderita penyakit menular seksual

  • Assalamu'alaikum. Dok, kenapa dilakukan terapi ablasi pada penderita PMS?

    Halo Indriyani.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, penyakit menular seksual ( PMS ), itu yang sering disebut juga sebagai penyakit kelamin, merupakan infeksi yang didapatkan dari berhubungan seksual dengan seseorang yang merupakan agen infeksi.

    Terdapat lebih dari 20 jenis penyakit kelamin, termasuk : klamidia, gonore, HIV / AIDS, kutil kelamin, herpes genital, sifilis, UreTritis, epididimitis, trikomoniasis, penyakit radang panggul, dan lain sebagainya.

    Sedangkan terapi ablasi adalah prosedur medis yang bertujuan untuk menghancurkan jaringan tertentu di tubuh, dimana jaringan tersebut menunjukkan perilaku yang tidak normal atau menyebabkan masalah kesehatan. Prosedur Ablasi yang dilakukan pada pasien penyakit menular seksual biasanya direkomendasikan apabila setelah pengobatan dengan menggunakan obat - obatan oles tidak berhasil menyembuhkan penyakit.

    Prosedur ablasi yang paling sering dilakukan terkait penyakit menular seksual adalah pengobatan kutil kelamin. Terdapat empat teknik utama pengobatan kutil kelamin dalam prosedur operasi, diantaranya adalah : eksisi === kutil dipotong dan dibuang, bedah listrik === setelah di eksisi permukaan kutil dibakar oleh kawat yang panas, cryotherapy === pelepasan kutil dengan cara dibekukan menggunakan cairan nitrogen, bedah laser.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati