Tanya Dokter

  • Penyakit mata atau katarak?

  •  Barinji Angon
    Anggota

    Mlem dok...saya mau tanya Ibu saya baru" ini ngeluh matanya yg sblh kiri g bisa melihat lg scra pmanen...apa itu ktarak ato gjla lain..umur ibu saya sktar 50th..apa itu jg krn usia lnjut...trimksh sblmnya

    Hai, Penurunan penglihatan dapat ditimbulkan oleh berbagai macam sebab. Secara garis besar penurunan penglihatan dapat dibagi menjadi dua berdasarkan onset terjadinya, yaitu penurunan penglihatan  yang timbul mendadak maupun yang timbul memburuk secara perlahan. Keduanya memiliki penyebab yang berbeda-beda. Untuk mengetahui penyebab penurunan penglihatan perlu adanya pemeriksaan langsung oleh seorang dokter mata. Dokter mata perlu untuk mengetahui riwayat penurunan penglihatan yang dialami oleh Ibu Anda secara lebih lengkap. Kemudian dokter mata juga perlu untuk melakukan pemeriksaan pada mata. Pemeriksaan yang pertama-tama perlu dilakukan adalah pemeriksaan tajam penglihatan. Dengan pemeriksaan ini dapat diketahui seberapa parah penurunan penglihatan yang dialami oleh seseorang. Kemudian dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan lain seperti pemeriksaan dengan menggunakan slit lamp, ophtalmoscopy, tonometry, dan lainnya. Pemeriksaan-pemeriksaan ini bertujuan untuk memeriksa setiap bagian dari mata untuk menentukan apakah yang menjadi penyebab dari penurunan penglihatan yang dialami. Berikut merupakan beberapa kemungkinan yang sering menimbulkan keluhan penurunan penglihatan yang sangat buruk :

    1. Katarak - http://www.alodokter.com/katarak-pada-manula/
    2. Glaukoma - http://www.alodokter.com/glaukoma
    3. Retinopati diabetik
    4. Macular degeneration
    5. Neuritis optik
    6. Retinal detachment
    7. Konsumsi obat dan zat kimia yang bersifat toksik bagi mata
    8. Kecelakaan yang melibatkan bagian mata
    9. dan lainnya
    Apabila menderita penurunan penglihatan, sebaiknya periksakan dengan segera ke dokter mata terdekat. Karena dengan pemeriksaan lebih dini dapat diketahui penyebabnya secara lebih dini sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesegera mungkin sebelum kondisi menjadi lebih buruk.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.