Tanya Dokter

  • Tips Pola Makan Sehat

  • Dear Dokter,

    Saya ingin menjalani pola hidup sehat, saya ingin makan sayur dan buah2 buahan setiap hari.

    Kira-kira makanan seperti apa yang harus saya makan ya? Pola hidup sehat ini untuk mengurangi kolestrol dan lemak jahat.

     

    Terima kasih

    Halo Betty....... Terimakasih atas pertanyaan. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa menu diet / makanan sehat merupakan daftar makanan bergizi seimbang dengan kadar yang disesuaikan oleh kebutuhan tubuh tiap harinya. Tiap harinya tubuh perlu diberi asupan makanan yang mengandung :

    • karbohidrat === sumber energi
    • protein === untuk pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan, dll
    • lemak === menjaga struktur sel, menjaga sistem imun, dll
    • berbagai vitamin dan mineral === membantu organ tubuh menjalani fungsi
    • air === menghidrasi tubuh
    Selain dari memperhatikan nilai gizinya, menu diet juga harus disesuaikan dengan kalori yang dibutuhkan sehari - hari. Rata - rata orang dewasa membutuhkan 2000 kalori tiap harinya. Berikut ini contoh menu diet sehat 2000 kalori :
    • Sarapan :
      • semangkuk sereal dengan taburan kismis dan dicampur susu bebas lemak
      • Minum jus jeruk 250 ml
    • Makan siang :
      • Roti gandum diisi dengan daging ayam tanpa kulit, selada, tomat, saus mayonaise.
      • akhiri dengan kentang rebus
    • Makan malam :
      • Semangkuk nasi merah dengan capcay tahu dan sayuran
      • es teh lemon 250 ml
    • Camilan :
      • Yoghurt rendah lemak 245 gram dicampur dengan buah - buahan
    Sedangkan apabila Anda emang ingin menurunkan kolesterol dalam darah, maka cobalah untuk tidak makan makanan yang berlemak, bersantan, digoreng. Batasi makanan laut, makan daging ayam atau sapi tanpa kulit dan lemaknya. Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda : POLA HIDUP SEHAT Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati