Tanya Dokter

  • Susah konsentrasi dalam segala hal dan kaitan dengan hormon

  •  Rama Osd
    Anggota
    Dokter mau tanya nih kenapa saya Susah konsentrasi dalam segala hal, sering merasa cemas, tergesa gesa ,merasa banyak pikiran hingga mengakibatkan susah tidur padahal saya tidak memikirkan hal apapun tapi terkadang normal seperti biasa nya, apakah ini tanda hormon saya tidak setabil satu lagi saya mau tanya apakah sering onani bisa membuat kekurangan hormon dopamin Atau justru hormon itu akan bertambah...sekian dan tolong di jawab"

    Hallo Rama Osd

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Kondisi kecemasan yang anda alami bisa menyebabkan berbagai gangguan seperti gangguan konsentrasi atau gangguan tidur. Gangguan kecemasan yang berlebihan ini, dalam hal ini bisa dikatakan sebagai gangguan kecemasan menyeluruh dimana akan menyebabkan anda memikirkan hal tertentu bahkan terkadang sepele secara berlebihan yang nantinya akan mempengaruhi kondisi fisik anda serta dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Adanya trauma terhadap suatu kejadian di masa lampau juga dapat memicu terjadinya kecemasan semacam ini atau memang ada sumber masalah psikologis yang belum tertangani. Akibat dari kecemasan berlebihan ini akan menyebabkan anda sulit berkonsentrsi, sulit tidur, atau bahkan tidak bertenaga. Selain itu mungkin saja muncul tanda fisik pada diri anda seperti dada berdebar, merasa sulit bernapas, otot-otot selalu terasa tegang, diare dan lain-lain. Jika kecemasan dan masalah lainnya telah anda alami paling tidak 6 bulan, maka sudah dapat dikatakan sebagai sebuah kondisi gangguan kejiwaan. Sehingga memang sebaiknya anda melakukan konsultasi pada dokter kejiwaan untuk mendapatkan wawancara dan pemeriksaan lanjutan. Anda bisa menanamkan pikiran-pikiran positif untuk mengurangi kecemasan anda dan menyelesaikan kira-kira masalah yang bisa menyebabkan anda cemas. Namun jika kondisi ini masih tetap anda alami juga, maka memang mungkin diperlukan pengobatan medis atau terapi psikologis berdasarkan anjuran dari dokter untuk dapat mengurangi kecemasan anda.

    Sedangkan untuk dopamin, hormon ini merupakan senyawa kimia yang bekerja dan mempengaruhi kerja sarafa dalam otak. Perlu anda ketahui bahwa kadar hormon ini tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh onani, belum ada penelitian yang secara jelas menyatakan mengenai hal ini. Beberapa pernyataan ahli menyatakan bahwa ketika melakukan masturbasi, seseorang akan melepaskan senyawa dopamine dalam otak (Peningkatan dopamin) sehingga menimbulkan sensasi senang dan bahagia atau sensasi kepuasan ketika melakukan masturbasi. Namun tidak diketahui seberapa besar peningkatan ini dan yang bisa disimpulkan adalah peningkatan dopamin ini hanya terjadi sesaat ketika melakukan masturbasi.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino