Tanya Dokter

  • Penyebab bayi tidak bisa tidur pada tengah malam

  •  mama bisma
    Anggota
    dokter anak saya berusia 1,5 bulan. setiap malam selalu begadang mulai pukul 1 dini hari smpai sekitar pukul 3. setelah jam 3 tdur minta dipangku. Dan kalau tidak dibedong tdk nyenyak tdurnya. tangan Dan kakinya selalu bergerak aktif. wajarkah Hal tersebut dokter?
    mama bisma  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo mama bisma,

     

    Bayi terutama yang baru lahir memiliki pola tidur yang berbeda dengan orang dewasa. Bayi memerlukan waktu tidur sekitar 14-17 jam per hari atau sampai dengan 18-19 jam per hari. Tidur pada bayi yang lama terbagi-bagi menjadi beberapa sesi tidur. Satu kali tertidur biasanya bayi memakan waktu 1-2 jam, setelah itu ia terbangun untuk ganti popok, minum susu, menangis atau melakukan interaksi dengan orang sekitar.

     

    Bayi nampaknya tidak mengetahui perbedaan antara siang dan malam. Sebagian besar bayi menghabiskan waktunya untuk tidur di siang hari dan terbangun saat malam hari. Pola tidur ini tentu menyulitkan bagi orang tua atau orang dewasa karena harus tetap terjaga pada malam hari. 

     

    Bayi juga tidak memerlukan suasana tenang untuk tertidur, tidak seperti orang dewasa pada umumnya yang memerlukan suasana tenang untuk dapat tertidur, bayi terbiasa untuk tertidur dengan suara bising dan tetap dapat tidur terlelap

     

    Untuk alas tidur pada bayi, hanya dibutuhkan kasur dengan permukaan yang datar agar bisa menopang punggung dengan aman sehingga sebenarnya tidak diperlukan bantal lembut, ataupun kasur empuk.

     

    Setiap 3 jam sekali segera bangunkan bayi untuk diberikan ASI, jangan biarkan bayi tidur terlalu lama tanpa diberikan ASI.

     

    Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyesuaikan jam tidur bayi :

    • Biasakan untuk lakukan interaksi dengan bayi lebih aktif di siang hari sehingga ketika malam hari bayi dapat tidur lebih lelap
    • Tidak mengajaknya bermain pada malam hari
    • Hindari penggunaan bantal dan selimut yang berlebihan pada bayi
    • Redupkan cahaya tempat tidur bayi
    • Berikan ASI setiap 3 jam walaupun bayi sedang tertidur

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

     

    dr. Irvandi