Tanya Dokter

  • Penyebab kondisi polihidramnion pada kehamilan

  •  tari aulitta
    Anggota
    Dok apa perbedaan polihidramnion ringan dan polihidramnion akut..? Usia kandungan saya saat ini 37 minggu, Kemarin saya priksa ke dokter , dan dokter berkata cairan ketuban sangat banyak yaitu 2,4 2,4 itu maksud nya apa ya dok....? Apakah masih normal atau memang sudah terlalu banyak.. dokter juga berkata seharus nya di uk saya saat ini,ketuban tidak sebanyak ini.. saya jd khawatir dok.. Tapi dokter nya bilang kalau ginjal kanan dan ginjal kiri janin saya bagus..lambung nya kata nya juga ada.. Namun saya masih kepikiran sampai skrg. Apakah ketuban banyak masih bisa melahirkan bayi yg sehat.. terimakasih dok..mohon jawaban nya

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Polihidramnion adalah penumpukan air ketuban yang berlebihan selama masa kehamilan. Pada kondisi normal, kadar air ketuban akan meningkat dan mencapai kuantitas maksimal di minggu ke 34 hingga 36 kehamilan. Air ketuban akan perlahan-lahan berkurang seiring mendekatnya tanggal kelahiran.

    Sebagian kasus polihidramnion tidak diketahui penyebabnya secara pasti, terutama polihidramnion ringan. Beberapa faktor pemicu diketahui berkaitan dengan polihidramnion, antara lain gangguan kesehatan pada janin, ibu mengidap diabetes, mengandung anak kembar, infeksi kongenital (contoh toksoplasma), janin yang mengalami anemia, ibu yang menggunakan obat-obatan terlarang, dan metabolisme abnormal pada ibu.

    Polihidramnion dideteksi melalui pemeriksaan rutin yang dijalani oleh ibu, terutama USG. Istilah 2,4,2,4 kemungkinan berkaitan dengan pengukuran jumlah air ketuban saat USG. Namun tentunya dokter yang memeriksalah yang lebih mengetahui hasil pemeriksaan dan kondisi Anda serta bayi. Pada kasus polihidramnion ringan, masih ada kemungkinan bayi lahir dalam keadaan sehat. Polihidramnion juga tidak membutuhkan penanganan khusus, hanya cukup istirahat dan pemantauan yang lebih rutin.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di https://www.alodokter.com/polihidramnion

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.