Tanya Dokter

  • Tes kesehatan untuk masuk kerja

  •  Ajat_Ruhyat
    Anggota

    hallo dok,, saya mau tanya penyakit apa saja yang membuat gagal masuk kerja? apakah polisitemia bisa gagal masuk kerja? dan apakah polisitemia itu penyakit/ kelainan saja? dan apakah polisitemia bisa terdiagnosa hanya karena tes darah saja, misal hemoglobin,eritrosit,hematokrit yang tinggi?

    terima kasih

    Halo,   Indikator untuk penerimaan pekerja akan tergantung dari kebijaksanan perusahaan masing masing. Karena tidak semua perusahaan memiliki persyaratan yang sama. Secara garis besar tentunya sebuah perusahaan ingin menerima pekerja yang sehat agar pekerjaannya bisa produktif. Beberapa hal yang bisa menggagalkan tes kesehatan antara lain adalah :

    1. Penyakit metabolik  = diabetes (gula darah tinggi) , hipertensi, kolesterol tinggi, dll.
    2. Penyakit menular = TBC, hepatitis, dll.
    3. Mata minus terlalu tinggi.
    4. Obesitas
    5. Gangguan pendengaran.
    6. Kelainan darah
    7. dll.
    Polisitemia adalah salah satu kelainan darah dimana darah berproduksi sangat banyak. Penyebab timbulnya overproduksi ini belum diketahui secara jelas. Namun polisitemia bisa menimbulkan  penyumbatan alitan darah pada penderitanya. Hal ini bisa menimbulkan reaksi stroke, pingsan mendadak , kanker darah dll. Untuk penanganan polisitemia Anda bisa melakukan :
    1. Seringlah lakukan donor darah
    2. mengkonsumsi aspirin dosis rendah.
    3. Meminum obat yang bisa menekan fungsi sumsum tulang mengansilkan darah.
    4. Minum obat sesuai gejala lain yang timbul.
    Polisitemia tidak bisa disembuhkan namun bisa dikontrol dengan pengobatan dan pengertian mengenai kondisi ini. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Ajat_Ruhyat  Ajat_Ruhyat
    Anggota

    hallo dok, saya mau bertanya lebih lanjut,, tetapi apakah polisitemia bisa terdiagnosa hanya dengan melihat jumlah hemoglobin,hematokrit dan eritrosit tinggi ? dan apakah jumlah hemoglobin,hematorkit dan eritrosit bisa tinggi itu dikarenakan kelainan saja ATAU ada faktor lain seperti, suka tidur larut malam (begadang) dan jarang minum air putih (dehidrasi) ? terima kasih