Tanya Dokter

  • pori kulit kaki menghitam

  •  Raya Hartanty
    Anggota

    halo dok saya mau tanya..bulu kaki saya lebat sekali.saya sering mencabutnya,tapi pori kulit kaki saya jd menghitam setelah itu.saya jadi tidak PD kl memakai celana pendek/rok.karena banyak sekali pori2 menghitam..trims

    Hai, Pori kulit yang menghitam disebabkan oleh iritasi dan peradangan pada folikel rambut akibat tindakan mencabut bulu. Sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan mencabut bulu kaki agar iritasi tidak terus-menerus terjadi. Selain itu sebaiknya Anda menghindari tindakan waxing (teknik pencabutan bulu dengan lilin) hingga iritasi dan peradangan kulit telah mereda. Dengan sembuhnya peradangan maka berangsur-angsur warna kehitaman akan kembali normal dalam jangka panjang. Pada kasus tertentu di mana warna kehitaman menetap dan tidak dapat menghilang, dapat ditangani dengan aplikasi obat topikal/krim yang dapat mengembalikan warna kulit ataupun dengan tindakan peeling untuk mengelupaskan kulit. Untuk menghilangkan bulu kaki dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

    • Mencukur bulu kaki, jangan lupa untuk mengoleskan sabun atau krim cukur untuk menghindari iritasi kulit dan cukurlah searah ke arah bertumbuhnya rambut. Gunakan pisau cukur yang tajam dan jangan mencukur terlalu dalam untuk menghindari terjadinya peradangan saluran akar rambut (folikulitis).
    • Krim perontok rambut, oleskan pada kaki untuk meluruhkan protein bulu. Kemudian setelah beberapa saat bulu akan rontok saat diusap.
    • Bleaching, cara ini tidak dapat menghilangkan bulu kaki namun dapat membuat warna bulu menjadi lebih cerah sehingga bulu tidak terlalu tampak.
    • IPL (Intense Pulsed Light), yaitu penembakan sinar laser khusus untuk memecah pigmen rambut sehingga menghambat pertumbuhan. Teknik ini perlu dilakukan 6-12 kali hingga bulu menghilang secara permanen.
    Penjelasan selengkapnya dapat dibaca pada laman artikel berikut ini: Cara menghilangkan bulu kaki Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman