Tanya Dokter

  • posisi bayi tidak sempurna pada saat melahirkan.

  •  Iin Mutiyah
    Anggota

    dok,saya mau tanya. dulu ketika ibu saya melahirkan saya, beliau bilang bahwa saya di lahirkan dgn posisi kaki terlebih dahulu, dan begitu juga ketika ibu saya melahirkan adik saya juga terjadi hal yang serupa yang mengakibat kan dia harus di operasi sesar. yang saya mau tanyakan, knapa bisa terjadi seperti itu?apakah itu termasuk faktor keturunan juga soal nya di keluarga nenek saya juga ada yang seperti itu. apakah itu juga bisa terjadi kepada saya ketika saya akan melahirkan nanti? mohon penjelasan nya dok. . .terima kasih.

    Halo,   Tidak , posisi janin sungsang (kaki atau bokong dibawah) bukanlah faktor keturunan dan tidak akan diturunkan kepada Anda jika Anda melahirkan nantinya. Sungsang adalah posisi dimana kepala bayi tidak berada di bawah panggul, jadi bisa menyebabkan posisi kepala bayi berada diatas dan menyebabkan kaki atau bokong berada di rongga panggul. Penyebab sungsang antara lain adalah :

    1. Rahim yang terlalu elastis.
    2. Hamil kembar
    3. Ketuban yang terlalu banyak sehingga menyebabkan pergerakan bayi lebih leluasa.
    4. Plasenta previa
    5. Berat janin terlalu rendah
    6. Sempitnya rongga panggul
    7. Kelainan bawaan pada bayi.
    8. dll.
    Kondisi ini sebenarnya terjadi karena proses adaptasi bayi terhadap kondisi rahim. Bayi pada dasarnya akan mencari tempat yang nyaman pada saat didalam rahim, sehingga jika ada kelainan bentuk rahim atau hal lain maka bayi akan memposisikan dirinya sesuai dengan kenyamanan yang didapat saat dalam kandungan. Baca topik Bayi letak sungsang. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Iin Mutiyah  Iin Mutiyah
    Anggota

    oh...jadi begitu dok, iya bener banget,pas mau melahirkan adik saya, ibu saya mengeluarkan banyak air ketuban. lalu dok, apakah seorang ibu yg melahirkan anak pertama nya di operasi,dan ketika dia mau melahirkan anak kedua nya apakah dia harus di operasi sesar juga apa ada kemungkinan bisa lahir normal?