Tanya Dokter

  • Posisi iud turun

  • Hai dok saya mau tanya, sudah 2 bulan belakangan ini saya habis pasang kb iud nova T, setelah pemasangan kontrol 2 minggu kemudian ternyata posisi iud nya turun. Dan kemudian dibenarkan kembali posisi nya oleh dokter. Tapi seminggu setelah dibenarkan posisi nya itu ada flek darah sering keluar dari vagina disertai lendir coklat. Apakah iud yg turun dari posisi nya bisa menyebabkan kehamilan ? For info saya masih menyusui bayi umur 12 bln dan belum haid sejak melahirkan.
    Atika Julianti  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Atika Julianti,

     

    KB IUD pada umumnya terdapat 2 jenis yaitu dengan kandungan hormonal dan dengan kandungan tembaga. Keduanya bertujuan untuk mencegah terjadinya pembuahan di dalam rahim. KB IUD yang anda sebutkan merupakan IUD dengan kandungan tembaga. KB jenis ini memiliki beberapa kelemahan salah satunya yaitu dapat menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi seperti siklus menstruasi yang menjadi tidak lancar.

     

    Selain itu pada ibu yang memberikan ASI pada si kecil terjadi KB secara alamiah akibat hormon di dalam tubuh yang terjadi pada kondisi menyusui sehingga kemungkinan untuk terjadinya kehamilan semakin lebih kecil.

     

    Untuk mengetahui apakah posisi KB yang dipasang tentu diperlukan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter spesialis kandungan baik dengan pemeriksaan fisik atau pemeriksaan USG untuk melihat apakah posisi IUD sudah di dalam posisi yang benar atau tidak namun umumnya apabila terjadi kekeliruan dalam posisi IUD dapat menyebabkan beberapa keluhan seperti adanya benang yang keluar dari vagina atau rasa tidak nyaman atau nyeri pada perut bagian bawah sehingga apabila terdapat kekeliruan posisi dapat dilakukan reposisi untuk mengatasi keluhan yang dialami dan apabila posisi IUD sudah tepat, dapat dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dari keluhan flek yang anda alami seperti adanya peradangan pada panggul atau adanya kista di dalam rahim sehingga dapat dilakukan penanganan terhadap penyebab dari keluhan.

     

    Selain itu, anda juga dapat terus memberikan ASI kepada si kecil sambil diberikan juga MP-ASI kepada si kecil. Apabila terdapat rasa nyeri, anda dapat mengompres area perut yang nyeri dengan menggunakan air hangat. Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi terutama karena dalam periode menyusui.

     

    Semoga infromasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi