Tanya Dokter

  • Hasil testpack positif setelah 2 bulan keguguran

  • Dok saya mau tanya saya keguguran di usia kehamilan 7 minggu dan tidak di kuret dan saya telah mendapat menstruasi di bulan berikutnya... Trus sya dan suami melakukan seperti biasa dibulan berikutnya sya telat datang bulan akhirnya sya bli testpack dan akhirnya positif , ini positif hamil palsu atau benaran atau bagaimana dok tolong di jawab, terimakasih
    Olyvia Effendy  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Olyvia,

    Testpack merupakan alat bantu tes yang bekerja dengan mendeteksi kadar hormon beta hcg melalui urine. Pada saat terjadi kehamilan, kadar hormon beta hcg ini akan meningkat sehingga dapat terdeteksi melalui pemeriksaan hormon ataupun melalui testpack.

    Apabila terjadi keguguran, kadar hormon beta hcg yang terdapat dalam tubuh masih akan tetap tinggi dan dapat bertahan hingga beberapa minggu setelah terjadi keguguran dan baru akan turun kadarnya kemudian. Tetapi jika sudah berselang cukup lama, untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter untuk memastikan penyebabnya salah satunya dengan pemeriksaan USG untuk menilai apakah terjadi kehamilan atau hal lain yang menjadi penyebabnya seperti salah satunya adalah masalah pada organ reproduksi ataupun penggunaan obat yang mengandung hcg.

    Perhatikan juga tanda-tanda kehamilan lain yang timbul.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.