Tanya Dokter

  • PPOK setelah diagnosis TB Paru

  • Selamat sore dok, saya mau tanya mengenai penyakit PPOK. Ibu saya pada awalnya didiagnosis TB PARU kemudian setelah pengobatan berjalan selama 6 bulan lebih, yang awalnya batuknya tidak sering menjadi sering dan kemudian dokternya mendiagnosis jika menderita PPOK juga. Apakah bisa hal tersebut terjadi? Apa pengobatan yang baik untuk penderita PPOK khususnya untuk mengurangi batuk karena gatal di kerongkongan. Oiya ibu saya juga memiliki diabetes kring. Mohon bantuannya. Saya tunggu jawabannya dok. Terima kasih banyak.

    Dear Mariana, PPOK atau penyakit paru obstruktif kronik adalah kumpulan penyakit paru yang terdiri dari bronkitis kronik, emfisema, dan penyakit obstruksi saluran napas yang lain. Penyempitan saluran napas atau obstruksi aliran udara pada penderita PPOK menyebabkan munculnya gejala utama berupa sesak napas. Gejala lain yang menyertai adalah:

    • sesak napas yang bertambah berat saat melakukan aktivitas
    • batuk persisten dengan dahak
    • sering mengalami infeksi paru-paru
    Penyebab utama PPOK adalah merokok baik untuk perokok aktif maupun pasif. Asap rokok akan mengiritasi saluran napas sehingga lama kelamaan saluran napas menjadi tebal dan produksi lendir bertambah. Dinding halus saluran atau kantung udara kecil dalam paru-paru juga akan rusak yang menyebabkan berkurangnya elastisitas paru-paru, disebut emfisema. Saluran-saluran udara kecil menjadi menyempit dan menimbulkan gejala-gejala PPOK. Penyebab PPOK lain yang jarang adalah uap, debu, polusi udara, dan penyakit keturunan. PPOK bisa saja terjadi bersamaan dengan TB paru namun TB paru tidak menyebabkan PPOK. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kembali agar terapi yang tepat dapat diberikan. Pengobatan gejala batuk karena PPOK berbeda dengan batuk karena infeksi. Kerusakan pada paru-paru tidak dapat dikembalikan seperti semula namun perjalanan penyakitnya dapat dihambat. Berhenti merokok adalah solusi utamanya. Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya

    Diagnosa PPOK menyebabkan TB Paru Malam dok, saya mau bertanya mengenai Penyakit PPOK. dokter menjelaskan bahwa PPOK bisa saja terjadi bersamaan dengan TB paru namun TB paru tidak menyebabkan PPOK. Saya mau bertanya sebaliknya dok, jadi apakah Penyakit PPOK dapat menyebabkan TB Paru ?? Mohon bantuan jawabannya dok, Terimah Kasih.