Tanya Dokter

  • Preeklamasia di usia kandungan 26 minggu

  • Dok saya wanita usia 28tahun dan sedang hamil 26 minggu setiap periksa kehamilan tensi saya 130/80 kata bidan saya itu cukup tinggi untuk ibu hamil.. dan setelah cek urin terdapat protein ++ ...pertanyaan saya 1. Apakah saya masih bisa melahirkan normal?? 2. Pada pemeriksaan selanjutnya apakah bisa protein itu hilang dari urin saya? 3. Kaki saya tidak mengalami bengkak dan kencing saya lancar.. adakah kemungkinan di minggu2 berikutnya kaki saya bengkak?

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Preeklampsia merupakan komplikasi kehamilan dimana terjadi peningkatan tekanan darah yang disertai dengan adanya protein pada urin saat usia kehamilan di atas 20 minggu. Penyebabnya terjadinya preeklapsia masih menjadi perdebatan di dunia medis.  Beberapa ahli percaya bahwa preeklamsia diawali dengan adanya kelainan pada plasenta, yaitu organ yang berfungsi menerima suplai darah dan nutrisi bagi bayi selama masih di dalam kandungan.

    Faktor resiko terjadinya preeklampsia antara lain : 

    -Seringkali terjadi pad kehamilan pertama

    -Usia ibu hamil terlalu muda (<18 tahun) atau terlalu tua (>35 tahun)

    -Ibu memiliki riwayat preeklampsia pada kehamilan sebelumnya

    -Ibu memiliki riwayat hipertensi / tekanan darah tinggi sebelum hamil

    -Ibu mengalami kegemukan atau obesitas

     

    Saya sarankan sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan langsung terkait kondisi anda

     

    Perlu untuk anda ketahui, apabila eclampsia tidak ditangani secara serius yakni ECLAMPSIA yaitu suatu kondisi kejang (kehilangan kesadaran) saat kehamilan dan serta meningkatnya resiko kematian ibu dan janin tinggi, 

     

    Menjawab pertanyaan anda, 

    1. Kemungkinan besar ibu dengan preeclampsia TIDAK dapat melahirkan secara normal dan harus melalui operasi caesar. Kondisi preeclampsia merupa kontraindikasi untuk persalinan secara normal karena ketika ibu mengejan maka resiko terjadinya Eclampsia atau kejang meningkat.

    2. Umumnya ketika sudah terjadi preeclampsia makan kondisi tersebut akan menetap sepanjang kehamilan berlangsung. Kondisi ibu dapat kembali normal pasca melahirkan.

    3. Ada kemungkinan untuk terjadinya kaki bengkak di kemudian hari akibat terganggunya protein yang berfungsi menahan cairan di dalam jaringan tubuh.

     

    Sangat saya sarankan untuk kontrol secara rutin di dokter (AnteNatal Care). Kemugkinan ibu akan dianjurkan untuk kontrol lebih sering dibanding ibu hamil dalam kondisi normal karena dibutuhkan pemantauan ketat sehubungan dengan kondisi anda.

     

    Berikut artikel mengenai preeklampsia

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia