Tanya Dokter

  • Prioritas tindakan untuk mengatasi gigi berlubang

  •  Don Larantuka
    Anggota

    Salam Hormat Bapak/Ibu Dokter di Tempat

    I. Saya mengalami sakit gigi yg amat menganggu ketika gigi saya bersentuhan dengan makanan, apakah langkah prioritas saya yg akan diambil, apakah saya mencabutnya atau adakah tindakan lain yg lebih layak..

     

    II. Belakangan ini kaki saya sering berair/menggeluarkan air ketika melakukan aktifitas.. Apakah hal tersebut menjadi indikator suatu penyakit yg sedang dialami oleh tubuh saya.. Mohon Pencerahan dari Bapak/Ibu Dokter yg saya Hormati...

    Hormat saya

    Donny Larantuka

     

     

    Halo,   1) Nyeri gigi sebaiknya dicari dulu penyebabnya, karena saat gigi sedang sakit maka tindakan pencabutan gigi sebaiknya dihindari terlebih dahulu.  Penyebab nyeri gigi bisa diakibatkan karena :

    • Infeksi gigi
    • Gigi sensitif
    • Gigi berlubang
    • Peradangan pada jaringan sekitar gigi
    • dll
    Periksakan gigi Anda ke dokter gigi sehingga dokter gigi bisa memeriksa kondisi gigi Anda secara seksama dan menentukan terapi terbaik pada gigi Anda. Jika nyeri gigi mereda maka tindakan pencabutan, pemasangan jaket gigi, penambalan gigi jika gigi Anda berlubang atau mencabut gigi kemudian melakukan implan gigi bisa dilakukan sesuai dengan kondisi gigi Anda. Untuk meredakan nyeri Anda bisa melakukan :
    1. Menggosok gigi minimal 2 kali sehari.
    2. menggunakan pasta gigi yang sesuai.
    3. Berkumur dengan cairan antiseptik
    4. Melakukan flossing
    5. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.
      2) Apa maksud Anda kaki mengeluarkan air itu adalah berkeringat secara berlebihan? Kaki kita memiliki kelenjar keringat yang cukup banyak dan biasanya aktifitasnya diperngaruhi oleh aktivitas fisik kita, metabolisme, hormonal dan kadang penyakit tertentu seperti gangguan tiroid dll. Jia keringat pada kaki Anda banyak sekali saat beraktivitas saja maka hal ini tidak perlu Anda khawatirkan. Namun jika keringat tetap banyak bahkan saat Anda tidak melakukan aktivitas apapun maka kemungkinan terjadi gangguan hipersekresi kelenjar keringat yang dikenal dengan istilah hiperhidrosis dimana kelenjar keringat mengeluarkan keringat secara berlebihan akibat aktivitas kelenjar yang berlebihan. Baca topik Hiperhidrosis. Semoga membantu.   dr. Yusi