Tanya Dokter

  • Penentuan masa subur selama program hamil

  • Assalamualaikum Dokter Saya Diana sedang melakukan program hamil setelah pernikahan saya kemarin tgl 9 september. Biasanya saya mens pada tgl 4 atau 5 hari mens. Ketika itu saya masih mens. Tapi masih pada bulan yg sama bulan september saya menstruasi lagi tgl 19-24 sept. Kemudian bulan oktober saya tidak mens. Saya kira saya telah hamil, ternyata belum. November ini saya kembali mens tgl 3 november. Pertanyaannya, Kapan masa subur saya ya dok ? Apakah ada masalah dalam rahim saya Dok ? Mohon penjelasannya ya Dok. Terima kasih Jazakallahu khairon katsiron. Wassalam.

    Hai Diana,terimakasih telah bertanya di alodokter. Mengenai keluhan anda tentang program kehamilan serta masa subur,jika anda ingin melakukan promil,biasanya anda dapat melakukannya di masa subur. Masa subur biasanya terjadi sekitar 14 hari setelah hari haid pertama anda. Jika haid hari pertama anda adalaah 3 november,berarti masa subur anda adalah 17 november.
    Berikut adalah beberapa tips untuk mempercepat program kehamilan anda,seperti:
    1. Memperbanyak frekuensi hubungan intim anda,terutama saat masa subur.
    2. Mengetahui siklus menstruasi anda sehingga anda dapat menghitung masa subur
    3. Jika anda ingin mengetahui kesuburan masing-masing pihak, anda dapat melakukan pemeriksaan terkait sel telur.
    4. Konsumsi makanan bergizi dan berolahraga teratur
    5. Tidak merokok,tidak konsumsi alkohol,dan kafein
    6. Tidak mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter
    Demikian info yang dapat diberikan,sangat disarankan anda berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan mengenai program hamil anda,agar dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan,serta mengetahui apa ada masalah di rahim. Semoga menjawab pertanyaan anda,salam dr. Celleen