Tanya Dokter

  • Perhitungan masa subur yang tepat dalam program hamil

  • Dear dokter cellen rei setiawan, Merujuk jawaban dokter sebelumnya. Tentang masa kesuburan di hari ke 14 saya. Berdasarkan artikel yg saya baca di alodokter masa kesuburan itu di hari ke 12 Mohon penjelasannya dok,, yg menjadi bahan perhitungan atau perbedaan 12 atau 14 itu berdasarkan apa ?

    Halo,

    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan Anda.

    Berhubungan intim pada masa subur akan memperbesar peluang terjadinya kehamilan. Pelepasan sel telur matang yang siap dibuahi disebut dengan ovulasi. Berhubungan pada masa-masa di sekitar ovulasi (disebut masa subur) akan dianjurkan pada program kehamilan (sel telur yang siap dibuahi memiliki usia 12-24 jam di dalam sedangkan sel sperma dapat bertahan 3-5 hari dalam tubuh wanita).

    Masa kesuburan pada setiap wanita bervariasi, bergantung pada siklus haid yang dimiliki wanita tersebut. Siklus haid normal umumnya berlangsung 21-35 hari dengan rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Pada wanita dengan siklus haid normal, masa subur adalah sekitar 12-14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Penghitungan masa subur pada wanita dengan haid tidak teratur akan berbeda dengan wanita yang haidnya teratur.

    Penentuan masa subur tersebut akan diperkuat dengan tanda seorang wanita memasuki masa subur yaitu adanya lendir jernih seperti putih telur mentah yang keluar dari vagina dan suhu basal tubuh (suhu saat bangun di pagi hari) yang lebih tinggi dari hari sebelumnya. Penentuan masa subur juga dapat dibantu dengan pemeriksaan USG sel telur yang dapat dilakukan di dokter kandungan pada hari perkiraan masa subur (misalnya hari ke-12).

    Menghitung masa subur

    Semoga membantu,

    dr.Mira