Tanya Dokter

  • Program hamil anak ke 2

  •  inna dina
    Anggota
    Selamt siang dok. Dok, kenapa ya saya untuk program hamil anak ke2 gagal terus. Apakh masa subur itu jg mempengaruhi. Jika iya? Masa subur itu brpa hari dari bersihya darah haid. Apakah saya jg harus minum obat penunjang agar kandungan saya subur. Jika iya? Suplemen apa dok yang baik dan aman buat penyubur kandungan. Terimaksh🙏
    inna dina  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Inna,

    Belum bisa hamil meskipun sudah 1 tahun berhubungan intim secara teratur tanpa alat kontrasepsi dinamakan infertilitas. Jika kegagalan untuk hamil dialami pada program hamil kedua, ketiga, dan seterusnya dinamakan infertilitas sekunder. Sudah berapa lama Anda mencoba program hamil anak kedua?

    Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan program hamil, diantaranya yaitu gaya hidup, usia, frekuensi berhubungan intim, masa subur, komplikasi pada persalinan sebelumnya, adanya penyakit medis tertentu, kualitas sperma, pengaruh obat-obatan dan alat kontrasepsi.

    Masa subur sangat berpengaruh terhadap keberhasilan program hamil. Kemungkinan kehamilan akan lebih besar jika hubungan intim dilakukan pada masa subur atau beberapa hari sebelum masa subur. Bagaimana siklus menstruasi Anda? Apabila siklus menstruasi Anda teratur 28 hari, maka masa subur bisa terjadi pada hari ke 12-16 setelah hari pertama menstruasi terakhir (HPMT). Ovulasi kemungkinan terjadi pda hari ke 14 pasca HPMT.

    Namun jika siklus menstruasi Anda tidak teratur, coba catat siklus menstruasi dalam 6 bulan terakhir, lalu Anda bisa menghitung masa subur dengan rumus berikut: (siklus terpendek – 18) sampai dengan (siklus terpanjang – 11). Agar lebih mudah, Anda bisa mencari kalkulator masa subur yang banyak tersedia di internet. Selain itu ketika masa subur, umumnya suhu basal tubuh akan meningkat 0,3 derajat celcius, lendir vagina akan lebih encer dan banyak, terkadang juga disertai sedikit kram perut dan flek ringan. Apabila ingin lebih pasti, And abisa menggunakan alat pendeteksi ovulasi yang dijual di apotek ya.

    Untuk membantu melancarkan program hamil, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Lakukan hubugan intim 3-4x/minggu
    • Upayakan agar berhubungan intim saat masa subur
    • Biasakan pola hidup sehat
    • Istirahat cukup dan usahakan agar tidak kelelahan
    • Olahraga teratur dan jaga berat badan ideal
    • Kelola stress dengan baik
    • Konsumsi asam folat diperbolehkan
    • Perbanyak makanan penyubur kandungan dan makanan penambah sperma

    Apabila Anda sudah mencoba program hamil lebih dari 1 tahun dan belum berhasil, saya sarankan agar ANda berkonsultasi lansung dnegan dokter kandungan supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan Anda bisa diberikan program hamil yang paling sesuai dengan kondisi Anda dan suami ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Tips cepat hamil
    Cara mengetahui masa subur

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y