Tanya Dokter

  • Program penurunan badan yang benar?

  •  nilamnh
    Anggota
    Saya berumur 16 tahun, berat badan saya 61kg dan tinggi badan saya 164cm. Golongan darah saya O. Saya ingin menurunkan berat badan setidaknya sampai kelihatan ideal karena menurut teman2 saya, saya itu gemuk apalagi kalau pakai seragam. Tapi jika saya cermati, lemak menumpuk di bagian perut,lengan,pinggul,pundak agak ke punggung,dan paha . Tangan dan jari saya serta kaki dan leher saya kurus dan biasanya tulang selangka org gemuk tidak terlihat,namun tulang selangka saya masih terlihat sangat jelas. Jadi lemak yg ada di tubuh saya itu tidak merata sehingga dibilang gemuk sekali. Sekarang saya sudah mencoba untuk memperbanyak air putih, tidak makan lebih dari jam 6 sore, dan tidak banyak nyemil serta porsi makanan yang sedikit namun diperkenyang dengan air putih, tapi sudah satu bulan berat badan saya tidak turun2 malah naik 1 kg yg awal 60kg jadi 61kg. Menurut dokter, bagaimana program diet yang baik untuk saya agar terlihat kurusan namun tetap sehat?

    Halo Nilamh, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian bagi semua orang. Namun, sayangnya tidak semua orang bersedia menempuh cara yang sehat namun lebih lambat untuk mencapai tujuan tersebut. Sebelum memutuskan menurunkan berat badan, sebaiknya seseorang menghitung indeks massa tubuh terlebih dahulu untuk mengetahui apakah berat badannya masih termasuk ideal atau tidak. Jika dihitung dengan rumus IMT, maka berat badan ideal untuk Nilamh antara 50 - 67 kg. Berdasarkan hal tersebut, sebenarnya berat badan Anda sekarang sudah termasuk ideal. 

    Namun, jika Nilamh bersikeras ingin menurunkan berat badan, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi atau dokter spesialis kedokteran olahraga untuk mendapatkan saran yang terbaik. Beberapa tips umum di bawah ini dapat dicoba:

    • Tetapkan target penurunan berat badan yang realistis (setidaknya 0,5 - 1 kg setiap minggunya)
    • Berolahraga teratur, seperti aerobik, lari, zumba, lompat tali, angkat beban, dan kardio. Agar hasilnya signifikan, olahraga sebaiknya dilakukan hingga 2 - 3 jam setiap minggunya
    • Perbanyak minum air putih, setidaknya 6-8 gelas per hari. Air putih yang cukup dapat membantu membakar kalori
    • Batasi konsumsi makanan tinggi kalori, seperti daging, kulit hewan, susu, jeroan, camilan. Usahakan makanan diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Jika ingin menggunakan minyak maka minyak zaitun lebih dipilih
    • Perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Buah dapat menjadi alternatif camilan yang sehat dan memberi rasa kenyang
    • Istirahat yang cukup (setidaknya 6-8 jam sehari) dengan mematikan lampu saat tidur malam hari

     

    Terdapat banyak artikel disitus alodokter yang bisa Anda baca sebagai referensi menurunkan berat badan, diantaranya yakni:

     

    Semoga membantu,

    dr. Sonia L

    •