Tanya Dokter

  • Menghitung masa subur jika menstruasi tidak teratur

  •  candradewi
    Anggota
    Selamat malam dok, saya ingin menanyakan kapan masa subur saya karena haid tidak teratur,, Saya sudah menikah 7bulan,,kapan masa subur nya dok kalo saya haid Pada bulan mey tgl 22, juni tgl 20, juli tgl 16, agustus tgl 11 sep tgl 10 dan oktober tgl 6, dan november tgl 4 Bagaimana menghitung masa suburnya agar promil dapat berhasil? Dan apa saran dokter untuk promil yg saya jalani, terimakasih

    Dear Candra,

    Masa subur adalah waktu di mana diperkirakan sel telur dilepaskan dari ovarium. Masa ini diperkirakan jatuh pada 12-16 hari sebelum menstruasi berikutnya. Namun perhitungan ini hanya berlaku untuk wanita yang memiliki siklus teratur 28 hari sekali. Jika Anda memiliki siklus menstruasi tidak teratur, lakukan perhitungan masa subur berikut:

    • Hari pertama adalah hari pertama menstruasi terakhir (HPHT), bukan hari terakhir menstruasi terakhir. Tanggal 4 November yang Anda cantumkan mungkin adalah hari pertama menstruasi terakhir.
    • Catat siklus menstruasi 6 bulan terakhir. Siklus terpendek dikurangi 18, siklus terpanjang dikurangi 11. Anda memiliki siklus menstruasi 6 bulan terakhir sebagai berikut: 29, 26, 26, 30, 26, 29. Maka siklus terpanjang adalah 30 dan siklus terpendek adalah 26 hari. 26 dikurangi 18= 8 dan 30 durangi 11 = 19. Masa subur Anda diperkirakan jatuh pada hari ke-8 sampai ke-19 dihitung dari HPHT.
    • Karena hari pertama dihitung tanggal 4 November, maka hari ke-8 jatuh pada tanggal 11 November dan hari ke-19 jatuh pada tanggal 22 November. Jadi masa subur Anda diperkirakan berada pada tanggal 11-22 November.
    • Anda dapat melakukan perhitungan serupa untuk masa subur bulan berikutnya.

    Untuk lengkapnya Anda bisa membaca artikel berikut:

    Menghitung masa subur

    Tips jitu cepat hamil

    Semoga bermanfaat

    dr. Rony Wijaya