Tanya Dokter

  • Penanganan untuk Meningioma

  •  Winna Cheche
    Anggota
    Dok,sya mau bertanya.. Ibu saya menglami sakit di mata, dan mata sebelah kiri menojol. Kami sudah berobat ke dokter mata, dan di Rujuk ke Rs. Di rumah sakit di suruh ct.scent. Dan kontrol ulang kr pilimata sudah 2x. Namun tak juga ada tanggapan untuk di oprasi atau di beri obat. Alhasil sampai saat ini belom ada penanganan apa pun. Apa yang harus sya lakukan untuk kesembuhan penyakit ibu sya dok. Trmksih.

    Hai Winna,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Meningioma merupakan salah satu jenis tumor yang bisa muncul di sekitar mata, atau disebut juga dengan meningioma orbita. Tumor ini berasal dari pertumbuhan berlebihan selaput yang melapisi otak dan sumsum tulang belakang (meninges). 

    Gejala yang dialami penderita meningioma orbita paling sering adalah eksofthalmos (proptosis). Kondisi ini ditandai dengan mata yang menonjol keluar seperti melotot. Penyebabnya adalah karena desakan mekanik dari tumornya dan juga karena kerusakan syaraf yang mempersyarafi otot-otot mata. Selain proptosis, penderita bisa juga mengalami gangguan penglihatan, misalnya penglihatan ganda, kebutaan, nyeri, dan rasa tertekan di sekitar mata.

    Kebanyakan meningioma orbita merupakan bersifat jinak. Karenanya, penanganan umumnya hanya dilakukan apabila ada gejala yang mengganggu pasien dalam beraktifitas sehari-hari. Pada penderita meningioma yang mengalami eksofthalmos, operasi merupakan cara penanganan terbaik. Pada beberapa kasus yang dicurigai ganas, penanganan ini kerap dikombinasikan dengan radioterapi atau kemoterapi. 

    Dokter yang memeriksa ibu Anda secara langsung tentu lebih memahami penanganan terbaik bagi kondisi yang ibu Anda alami saat ini. Karenanya, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang merawat ibu Anda ya.. Sebagai pasien dan kelaurga dari pasien, Anda berhak mendapatkan penjelasan terkait kondisi yang ibu Anda alami dan alternatif penanganan yang bisa dilakukan berserta kemungkinan kesembuhannya. Tidak perlu sungkan bertanya langsung. Dokter yang baik tentu akan selalu mengusahakan yang terbaik bagi pasiennya.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah