Tanya Dokter

  • Anak seperti kesakitan setiap kali BAB atau BAK

  • Dok, salam sejahtera. bayi saya laki-laki umur 44 hari BB 5kg. dari lahir setiap BAB ataupun BAK selalu seperti meronta sampe "ngeden" gitu. normalkah? Atau dia merasa kesakitan karna ada penyakit yang ia derita?

    Halo,   Sebaiknya Anda memeriksakan bayi Anda yang masih berusia < 6 bulan ke dokter anak. Dengan pemeriksaan maka bisa dipastikan adakah permasalahan pada anak Anda. Bayi yang terlihat sangat meronta dan mengedan sampai muka berwarna "kemerahan" disertai menangis dan rewel saat BAB/BAK dan  disertai konsistensi feses yang keras dan kering menandakan ada permasalahan pada pencernaan bayi, Untuk mendapatkan gambaran yang baik maka pemeriksaan fisik akan diperlukan. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan bayi Anda antara lain adalah :

    1. Penggunaan sufor.
    2. Alergi sufor.
    3. Memberi makanan MP ASI terlalu dini.
    4. Penyakit Crohn.
    5. Penyakit celiac.
    6. Penyakit ileus.
    7. Hirschprung = gangguan persarafan pada usus besar dan anus bayi sehingga bayi sulit BAB.
    Pada umumnya memang bayi pasti akan "mengedan" saat BAB, namun biasanya tidak disertai dengan meronta ronta yang kuat dan tidak disertai tangisan melengking yang menandakan bahwa bayi merasa nyeri. Jika memang bayi Anda mengalami kesulitan BAB maka sebaiknya Anda memeriksakan secara langsung. Sementara "ngedan" saat BAK perlu mendapat perhatian lebih, normalnya bayi tidak perlu mengedan untuk BAK. Reaksi mengedan bisa merupakan indikasi adanya gangguan serius pada bayi Anda seperti Infeksi saluran kemih dll. Baca topik Bayi rewel saat BAK dan BAB bermasalah. Baca artikel Mendeteksi penyakit serius pada bayi. Semoga membantu.   dr. Yusi