Tanya Dokter

  • Proses pengobatan tuberkulosis untuk anak

  • Dok apakah proses pengobatan tb pada anak sama dgn orang dewasa? Yaitu 2 bln intensif dan 4 bln lanjutan??

    Halooo Sdr. Ema,

    Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberculosis. Hampir semua organ tubuh dapat diserang, tapi paling banyak dijumpai pada paru-paru. Seringkali TB dijumpai pada orang dewasa, tapi tidak terkecuali juga pada anak-anak. Gejala TB pada umumnya berupa demam berkepanjangan, batuk >3 minggu, berat badan sulit naik, nafsu makan menurun, dan lain sebagainya. 

    Pada anak yang diagnosa TB telah ditegakkan padanya oleh dokter, maka pengobatan dengan OAT (obat anti-TB) dapat dimulai. Tergantung dari jenis TB-nya, regimen pengobatan juga agak berbeda:

    1. Pada kasus TB paru : pengobatan 2 bulan fase intensif dan 4 bulan fase lanjutan dengan OAT-KDT /kombinasi dosis tetap (dalam satu tablet mengandung beberapa obat untuk memudahkan dalam pemberiannya) yang disesuaikan dengan berat badan anak
    2. Pada TB paru berat (milier) dan TB ekstra paru : pengobatan intensif selama 2 bulan dan fase lanjutan hingga total pengobatan antara 9-12 bulan
    3. Pada TB otak (meningitis TB) : pengobatan dengan steroid

    Oleh karena itu, menjawab pertanyaan Anda: Ya, benar pengobatan TB paru anak dan dewasa hampir serupa yakni 2 bulan intensif dan 4 bulan lanjutan. Perbedaannya terletak dari obat kombinasi yang digunakan. Pada dewasa, dalam satu tablet OAT KDT, terdapat rifamfisin, isoniazid, pirazinamid, dan etambutol. Sementara pada anak-anak, etambutol tidak terkandung dapat OAT KDT tersebut. Hal ini karena efek samping etambutol pada anak dapat menyebabkan masalah pada penglihatan, meskipun kini telah dilaporkan bahwa dalam dosis tertentu, etambutol tidak akan menimbulkan efek samping tersebut.

    Untuk memperoleh informasi lebih jelas, Anda dapat berkonsultasi langsung secara tatap muka dengan dokter terdekat Anda. Perlu diingat bahwa pengobatan TB membutuhkan kepatuhan untuk mencapai target kesembuhan yang diharapkan.

    Demikian, semoga membantu

    Terima kasih