Tanya Dokter

  • Proses penyembuhan bekas luka yang menghitam

  •  m.sofyan12
    Anggota
    Permisi dok,, saya mau tanya,, pada umumnya bekas luka hitam bisa menghilang dalam waktu berapa lama? Dan bagaimana penjelasan medisnya tentang proses pemulihan bekas luka? Termakasih dok

    Hai,

    Luka berarti robekan jaringan / ketidakutuhan jaringan yang umumnya terjadi karena cedera. Mekanisme penyembuhan luka akan melalui 3 proses utama, yaitu proses peradangan (inflamasi), proses pembelahan (proliferasi) dan pembentukan ulang (remodeling).

    Proses peradangan terjadi dalam 1 minggu pertama setelah luka terbentuk. Di sini, pembuluh darah sekitar luka akan melebar dan banyak sel darah putih akan bergerak di sekitar luka untuk membasmi kuman / kotoran yang mencemari luka. Proses peradangan akan kemudian diikuti oleh proses pembelahan. Proses pembelahan berlangsung sekitar 1 bulan lamanya. Di sini sel-sel akan aktif membelah diri untuk mengisi celah yang terbentuk akibat luka.

    Sel yang terbentuk kadang bisa berlebihan dan kulit bekas luka bisa tampak lebih gelap daripada seharusnya karena pembentukan jaringan parut (scar). Hal ini akan diikuti oleh proses remodeling / pembentukan ulang. Di sini sel-sel yang terbentuk berlebih secara perlahan akan diatur / dibentuk ulang agar dapat sebisa mungkin kembali seperti bentuk semula. Proses remodeling ini diketahui berlangsung sampai bertahun-tahun lamanya.

    Kemungkinan terjadinya bekas luka akan semakin tinggi tergantung pada kedalaman luka, pencemaran luka, ada/tidaknya infeksi dan derajat proses peradangan yang terjadi. Bekas luka dapat dicegah paling baik dengan memahami prinsip-prinsip di atas dan diberikan penanganan yang sesuai, karena itu segera konsultasikan ke Dokter Anda untuk dilakukan penilaian langsung terhadap kondisi luka saat ini supaya bisa diambil keputusan yang terbaik terkait pencegahan terjadinya bekas luka.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma