Tanya Dokter

  • Prurigo dapatkah disembuhkan secara total?

  • Halo dokter, umur saya saat ini 22 tahun, sdh beberapa tahun ini sejak SMA kulit saya sering mengalami gatal2, sy sdh berobat ke banyak dokter dan herbal tapi terkadang masih kambuh. Ada dokter yg mengatakan kalo ini adalah prurigo dan diri sendiri yg mengendalikannya seperti menjaga makanan,kebersihan dan tidak boleh stress. Apakah prurigo yg saya alami akan berlangsung seumur hidup atau bisa diobati hingga sembuh total ? Saya terkadang kurang percaya diri krn bekas luka yg menghitam dan sulit dihilangkan. Terimakasih

    Halo Prieta, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Prurigo berasal dari kata pruritus yang berarti keluhan gatal. Selain itu, dapat didefinisikan sebagai kondisi dimana rasa gatal menyebabkan bekas hitam (hiperpigmentasi) setalah terjadi garukan akibat adanya peradangan kulit atau ruam kulit akibat adanya proses alergi, gigitan serangga ataupun lainnya. Pada beberapa individu memang memiliki kulit yang sesnsitif dibandingkan dengan kulit orang lainnya. 

    Adapun beberapa resiko seseorang yang sangat sensitif yaitu:

    • Memiliki riwayat alergi. Jenis alergi apapun, misalnya debu, walaupun biasanya alergi yang dirasakan adalah ke saluran pernapasan seperti bersin, batuk atau asma. Seseorang yang memiliki riwayat alergi ini, memiliki kulit yang lebih sensitif. Ataupun alergi terhadapa zat atau bahan makanan tertentu.
    • Adanya riwayat alergi pada keluarga
    • Kurangnya mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang vitamin dan kurangnya cairan tubuh
    • Individu yang banyak beraktivitas di ruangan berAC atau di luar ruangan dengan suhu panas.
    • Atlet perenang atau memiliki hobi berenang atau berendam. Dengan seringnya mandi, berenang, air akan mengikis lapisan lipid di kulit.

    Perlu diketahui ada beberapa kondisi iritasi pada kulit yang dapat menyebabkan keluhan gatal dapat disebabkan beberapa kondisi berikut: 

    • Dermatitis atopi. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang sangat kering, kemerahan dan gatal. Biasanya kondisi ini timbul saat makanan tertentu termakan ataupun alergi terhadapa keringat sendiri. Terhadapa bahan tertentu. Peradangan kulit ini bisa berulang 2-3 kali sebulan.

    • Dermatitis kontak iritan. Iritasi timbul akibat kulit terkena atau kontak suatu bahan tertent misalnya detergent, sabun, ataupun bahan lain. Biasnaya hal ini terjadi akibta kulit terus menerus dalam waktu yang lama.

    • Infeksi jamur atau dikenal dengan tinea corporis. Ditandai dengan munculnya bercak merah pada beberapa bagian tubuh. 

    Pada kasus Anda dimana terjadi gatal yang terus menerus memang bisa dialami terus menerus sehingga yang menajdi tatalaksana utama adalah dengan mengontrol pemicu agar tidak terjadi gatal. mengenali makanan atau kondisi lingkungan yang dapat memicu gatal seperti keringat atau panas ataupun kedinginan. Selain itu, beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah sebagai berikut: 

    1. Menjaga hidrasi tubuh dengan meminum air putih minimal 8-10 gelas sehari
    2. Mengkonsumsi makanan yang cukup dan optimal
    3. Tidak menggunakan lotion tubuh yang mengandung pemutih dan pewangi
    4. Tidak menggunakan peawangi pakaian
    5. Gunakan sabun mandi dengan pH netral 
    6. Hindari penggunaan bahan pakaian yang terlalu ketat. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi