Tanya Dokter

  • psikologi remaja tentang teori labelling

  •  grena canola
    Anggota

    dok, apakah dampak negatif dan positif dari teori labelling yang digunakan khususnya bagi para remaja?dan apakah ada saran lain yang lebih efektif untuk menangani kasus kenakalan remaja?

    Hello, Masa remaja adalah masa dimana seseorang melakukan proses pencarian jati diri. Di masa tersebut seorang remaja akan menentukan arah dan pandangan hidup mereka. Teori labeling adalah salah satu teori yang membahas bagaimana factor eksternal (lingkungan) dapat menentukan perkembangan karakter dari seseorang. Selain itu, teori ini juga membahas bagaimana lingkungan sebagai factor eksternal sampai ikut berperan serta dalam proses pencarian jati diri seseorang. Labeling pada seorang remaja akan berdampak baik jika label yang diberikan oleh masyarakat pada diri seorang remaja memiliki makna yang baik, dan akan berdampak buruk berupa kenakalan remaja jika makna dibalik label tersebut memiliki makna negative. Secara umum labeling merupakan sebuah motivasi eksternal dalam menentukan jati diri remaja. Namun, yang lebih berperan dalam menentukan citra dari seseorang adalah orang tersebut (factor instrinsik). Life is a choice, and you are what you decide (Pilihan hidup ada ditangan orang yang memilih). Mengatasi kenakalan remaja membutuhkan intervensi dan kerja sama dari berbagai bidang. Berikut adalah pendekatan yang baik untuk memberikan dampak positif bagi remaja:

    1. Pendidikan agama
    2. Perhatian dari orang tua
    3. Perhatian dari guru
    4. Kelompok atau komunitas remaja yang bergerak dalam bidang yang positif
    5. Pendampingan penggunaan media komunikasi, media elektronik, media social, dan internet
    6. dan lainnya
    Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai teori pembentukan identitas remaja serta penanganan kenakalan remaja, Anda dapat menghubungi atau berkonsultasi dengan psikologi anak dan remaja. Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean