Tanya Dokter

  • Solusi atasi psoriasis tidak kunjung sembuh

  •  rudi widodo
    Anggota

    Assalamualaikum wr wb. Saya penderita psoriasis dok sejak klas 3 sd hingga saat ini klas 1 sma padahal saya sering berobat kedokter,sudah sembuh kira² 1bulan kemudian muncul lagi dok hingga saat ini,sekarang saya minum obat yg sama d kasih dokter kok gk ada reaksi apapun dok,bagaimana saran dokter.terimakasih

    rudi widodo  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo rudi widodo,

     

    Psoriasis adalah terjadinya peradangan kronik pada kulit yang dapat memberikan keluhan berupa penebalan kulit yang disertai dengan sisik, gatal, dan kemerahan pada permukaan kulit. Penyebab munculnya psoriasis sampai saat ini belum diketahui secara pasti namun psoriasis berkaitan dengan kondisi autoimun (kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian tubuh sendiri), serta beberapa faktor risiko dari munculnya psoriasis diantaranya :

     

    • Genetik
    • Obat-obatan
    • Riwayat cidera pada kulit
    • Stress
    • Infeksi seperti HIV

     

    Sampai saat ini belum ada obat yang ditemukan untuk menyembuhkan psoriasis. Pengobatan pada terjadinya psoriasis dilakukan dengan tujuan untuk mempertipis bagian kulit dengan pemberian obat-obatan dan memperbaiki tekstur kulit yang terdapat psoriasis. 

     

    Pada kondisi dimana anda telah melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin sebelumnya, anda disarankan untuk menjalani pengobatan dengan teratur, menggunakan obat sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh dokter dan kontrol dengan teratur untuk melakukan evaluasi pada pengobatan telah diberikan.

     

    Selain itu, anda juga sebaiknya tidak menggaruk bagian psoriasis yang gatal untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder pada kulit yang terdapat psoriasis dan apabila terjadi rasa gatal dan anda dapat mengompres dengan menggunakan air dingin untuk meredakan rasa gatal yang dialami pada kulit dengan psoriasis.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi