Tanya Dokter

  • Psoriasis menahun, serta cara meredakan gejala gatal dan perih

  •  andityard
    Anggota

    Siang dok, nama saya Anditya, 19 tahun.

    Saya pernah mengalami trauma pada lutut saya saat kecil sehingga meninggalkan luka dan lesi putih bersisik pada lutut saya. Sekitar umur 14 tahun, saya memeriksakan lutut saya kepada dokter spesialis kulit, kemudian dokter memberi saya resep berupa salep, beberapa minggu kemudian lesi putih yang bersisik di lutut saya hilang. beberapa tahun kemudian, muncul gejala serupa di kulit kepala saya, awalnya saya mengira itu adalah ketombe. Namun, sisik putih yang rontok saat digaruk lebih besar daripada ketombe dan kulit menjadi kemerahan. Saya belum pernah memeriksakan lagi ke dokter, namun mungkinkah itu adalah penyakit kulit psoriasis? Bagaimana cara untuk mengurangi keluhannya, gatal & perih jika digaruk dsb. Terimakasih..

    Halo Anditya, Sulit bagi kami untuk menentukan apakah kamu menderita psoriasis atau bukan tanpa melihat dan melakukan pemeriksaan secara langsung. Sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan diagnosis pasti. Pada umumnya psoriasis dapat langsung didiagnosis karena karakteristik lesinya yang sangat khas. Tetapi mungkin diperlukan beberapa pemeriksaaan penunjang seperti pemeriksaan kerokan kulit untuk memperkuat diagnosis psoriasis. Psoriasis sendiri merupakan kelainan pada kulit yang diduga sebagai proses autoimun. Pada psoriasis terjadi produksi sel-sel kulit yang berlebihan. Gejala yang sering muncul adalah :

    • Terdapatnya ruam kemerahan pada kulit
    • Kulit mengalami penebalan
    • Kulit kering dan bersisik
    • Kulit mengalami pengelupasan
    Terapi yang diberikan pada penderita psoriasis dapat berupa obat oles, obat minum, fototerapi, dan obat suntik. Dokter akan memperkirakan derajat keparahan psoriasis lalu setelah itu dokter akan mempertimbangkan terapi yang paling tepat untuk kamu. Silahkan baca diskusi berikut dengan keluhan serupa dengan kamu Psoriasiskah saya Obat dan salep psoriasis Semoga membantu, dr. Tri