Tanya Dokter

  • Sakit pada bagian punggung dan tulang ekor

  • selamat Sore dok mau tanya . Saya punya keluhan sama punggung . Saya seorang traveler . Sering berpergian jauh , saya harus duduk selama lebih dari satu jam bahkan sampai kurun waktu lebih dari 12 jam . Dalam perjalanan jauh itu saya sering merasakan nyeri di bagian tulang ekor saya dan itu enggk nyaman . Lebih lama dari 1 jam sedikit maksa duduknya karna pegal atau nyeri . Dan saya sampai mengganti posisi duduk yg kiranya nyaman tapi tetap saja , enggk enak . Itu kenapa ya dok . Singkat cerita , selepas perjalanan . Buat jalan punggung seperti enggk ada rasanya . Sampai saya enggk bisa bedain ini nyeri apa pegal . Mohon bantuannya dok . Terima kasih :)

    Hai Dari gejala yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh posisi monoton yaitu duduk membungkuk dalam jangka waktu cukup lama sehingga terjadi gangguan pada otot, ligamen, persarafan atau tulang belakang. Untuk mengurangi gejala yang dapat Anda lakukan antara lain:

    • Tetaplah bergerak aktivitas seperti biasa, namun hindari mengangkat beban berat, posisi duduk yang terlalu lama atau posisi bekerja lain yang dalam keadaan posisi tubuh tidak baik seperti membungkuk, miring,dll
    • Mengompres dengan hangat atau dingin tergantung mana yang lebih nyaman
    • Pada saat tidur terlentang, letakan bantal dibawah lipat utut untuk mengganjal
    • Mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol, ibuprofen serta vitamin neurotropik untuk persarafan seperti vitamin B1, B6 dan B12 bila tidak ada kontraindikasi.
    Bila nyeri punggung disebabkan posisi duduk, akan hilang dalam beberapa hari, namun bila nyeri tetap terasa atau bahkan bertambah berat sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen tulang belakang dan juga MRI. Berikut informasi mengenai nyeri punggung dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Nyeri punggung. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william