Tanya Dokter

  • Punggung kaki sakit seperti tersetrum

  • dok saya mau nanya, udahbeberapahari ini punggung kaki sebelah kanan saya kalau terkena air seperti sakit kesetrum gitu, saat saya sedang wudhu maupun pada saat mandi selalu seperti itu padahal punggungvkaki saya gak ada luka sama sekali.

    Salam,

    KEluhan yang Anda rasakan kemungkinan dapat disebabkan oleh sensistifitas rangsangan saraf kita meningkat. KOndisi ini dapat terjadi pada pasien dengan kondisi kelelahan fisik yang mungkin sudah dirasakan beberapa hari sebelumnya. Sensitifitas saraf yang meningkat dapat disertai keluhan nyeri tajam, perih, panas, ataupun seperti tertusuk jarum dengan rangsangan yang sama.

    Beberapa kondisi di bawah ini juga dapat menyebabkan keluhan yang sama, seperti:

    1. penggunaan obat terlarang atau narkoba

    2. konsumsi kafein berlebihan

    3. penggunaan obat hormonal

    4. kurang tidur atau tidur larut malam

    5. kurangnya intake air atau gangguan keseimbangan mineral

    6. gangguan pada tulang belakang

    7. gangguan pada saraf, seperti penekanan saraf

    8.menderita sakit atau infeksi pada tubuh

    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf, bila dalam beberapa hari selanjutnya, keluhan ini semaki meningkat,atau semakin mengganggu. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi kondisi Anda. Pemeriksaan penunjang akan direncanakan untuk memastikan peyebab keluhan ini, seperti pemeriksaan darah dan pemeriksaan radiologi atau EMG.

    Pengobatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah istirahat yang cukup, kompres kaki Anda dengan air hangat. Dan cukupi kebutuhan air putih.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga sensasi kulit yag meningkat.

    dr. Ulfi