Tanya Dokter

  • Punggung sakit karena bengkak pada pergelangan kaki

  •  Sarah Sasqia
    Anggota
    Selamat sore dok, sebelumnya terimakasih telah menjawab pertanyaan saya . Saya sudah pergi ke sana dan tidak apa2 kata dokternya. Saya mendapat obat nyeri dan radang juga kalsium, kaki saya tidak dibebat dok sudah dilepas juga tapi kaki saya masih mengalami nyeri . Bagian yang bengkak juga sudah mulai saya kompres dengan es .tetapi bagian punggung saya sekarang malah yang sakit dok dan mulai sesak nafas apa itu berpengaruh karena bengkaknya atau karena saya hanya tidur saja dok jadi berpengaruh pada punggung? Dan berapa lama kira2 baguan yang bengkak saya kompres dengan air es dok? Sementara saya sudah mulai proses fisioterapi . Apakah boleh ketika masih bengkak melakukan fisioterapi dok? Karena dokternya melihat saya tidak tahan sakit .

    Halo Sarah, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Nyeri pada punggung dapat disebabkan kondisi yang serius dan juga tidak. Nyeri ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa penyebab nyeri punggung diantaranya yakni:

    • Kaku pada otot punggung akibat terlalu lama berbaring dalam satu posisi, atau aktivitas atau stres yang menggunakan otot secara berlebihan
    • Kesalahan posisi saat tidur atau posisi yang tidak ergonomis saat membungkuk, mengangkat berat, atau meraih benda tertentu. Hal ini dapat menimbulkan gangguan pada otot atau persarafan punggung
    • Adanya saraf punggung yang terjepit, seperti pada kasus hernia nucleus pulposus (HNP)
    • Proses penuaan tulang belakang
    • Arthritis atau radang sendi
    • Kondisi medis (non mekanik) lainnya, seperti penyakit asam lambung (GERD), masalah pada paru-paru, dan lain-lain

     

    Kompres air es dapat diteruskan jika kaki masih bengkak dengan tujuan untuk mengurangi peradangan akibat cedera. Fisioterapi dilakukan untuk mengembalikan fungsi tubuh kembali normal setelah terjadinya cedera. Umumnya fisioterapi dilakukan seiring penyembuhan cedera agar fungsi otot dan tulang kembali optimal. Dokter pasti sudah mempertimbangkan kondisi Anda sebelum menyarankan untuk dilakukan fisioterapi. 

    Nyeri punggung Anda kemungkinan tidak berkaitan dengan bengkak pada kaki yang dialami. Namun, kurangnya aktivitas/menggerakkan tubuh karena berbaring yang terlalu lama dapat menyebabkan kaku pada otot yang berujung pada rasa nyeri tersebut. Untuk meredakan nyeri otot karena kaku, Anda bisa mengompresnya dengan air hangat atau mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas sementara waktu. Jika nyeri tidak mereda, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi kembali ke dokter. Anda juga dapat menanyakan kembali hal yang masih meragukan mengenai penanganan pada cedera kaki Anda.

    Artikel mengenai fisioterapi dan kompres es dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Sonia L