Tanya Dokter

  • punggung terasa berat dan nafas terasa berat

  • pagi dok, usia saya 23th pasca melahirkan punggung saya sakit di pakai bungkuk sakit ngangkat bayi pun sakit nafas jadi terasa berat, dan kalo batuk, tertawa atau bersin di dada terasa sakit kalo mau putar badan pun kaku cara mengatasi nya bagaimana ya dok?

    Dear Mailana, Diskusi mengenai nyeri punggung dapat Anda baca. Diskusi mengenai nyeri dada juga dapat Anda baca. Nyeri punggung dan nyeri dada yang Anda rasakan bisa saja berhubungan satu sama lain atau berdiri sendiri-sendiri. Berikut tips yang dapat Anda lakukan di rumah:

    • Jangan mengangkat benda berat dengan posisi membungkuk, tetapi dengan berjongkok terlebih dahulu baru mengangkat beban atau barang tersebut.
    • Istirahat sebentar jika Anda sering beraktivitas di depan laptop untuk merelaksasi punggung Anda
    • Jangan memutar badan terlalu kuat dan mendadak karena dapat mengakibatkan cedera tulang punggung atau cedera otot
    Jika sakit Anda tidak membaik, konsultasikan dengan dokter saraf Anda agar diagnosis yang tepat dapat ditegakkan dan terapi yang tepat dapat diambil. Dokter mungkin akan menganjurkan pemeriksaan penunjang berupa EKG, USG, foto rontgen. Demikian penjelasan saya. Semoga membantu. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya

    hasil rontgen tulang punggung no.7 terhimpit , saat diraba di punggung belakang terasa ada tulang yang menonjol, solusi nya bagai mana dok? jika saya datang ke tukang pijit apa boleh dok?

    Dear Mailana, Sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter saraf agar terapi yang tepat dapat diberikan. Hindari mengurut/memijat pada daerah tulang belakang mengingat pada daerah tersebut terdapat saraf-saraf spinal/ tulang belakang. Tindakan mengurut atau memijat dapat memperparah himpitan baik pada tulang maupun saraf. Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya