Tanya Dokter

  • BAB berdarah pada anak dan cara mengatasinya

  •  natashadilla
    Anggota
    Halo dok, mau bertanya. Dua hari yang lalu anak saya umur 11 bulan pup 3 kali sehari dan teksturnya seperti fla. Kemudian satu hari yang lalu masih dengan tekstur yang sama tapi 2 kali sehari. Nah, tadi pagi masih juga dengan tekstur yang mirip namun ada lendir darahnya sedikit. Itu kenapa ya, dok? Dan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih :)

    Halo,

     

    Pup berdarah dan berlendir pada bayi Anda sebaiknya segera diperiksakan ke dokter anak segera. Kondisi ini bisa berbahaya bagi bayi Anda.

    Adanya darah pada feses bayi bisa disebabkan karena :

    1. disentri = infeksi parasit atau kuman pada saluran cerna. Berbahaya.
    2. Wasir = jarang terjadi pada bayi, namun biasa disertai feses yang keras dan kering, dan mungkin juga disertai adanya benjolan.
    3. Tumor usus.
    4. Divertikel.
    5. intussusepsi = kondisi dimana usus masuk ke usus sebelahnya sehingga menimbulkan nyeri perut, diare berdarah.
    6. Ileus.

    Karena itu sangat disarankan agar Anda segera memeriksakan bayi ke dokter. Dokter akan melakukan tes fisik dan medis seperti analisa feses, tes darah rontgen atau USG perut tergantung pemeriksaan yang dilakukan dokter Anda. Dengan memeriksa lebih jauh maka dokter bisa memahami kondisi bayi Anda dan memberikan pengobatan yang sesuai agar bayi bisa segera sembuh tanpa komplikasi berbahaya.

    Berikan susu dan MPASI seperti biasa, Pastikan asupan cairan bayi cukup, dan segera periksa bayi Anda.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi