Tanya Dokter

  • Hilangnya refleks pupil terhadap cahaya

  • Dok, mata saya sudah 5 hari merah,pada awal nya saya kira hanya iritasi biasa. tetapi makin hari makin buram. sudah saya periksakan ke dokter mata. tapi saya tidak mendapatkan kejelasan mata saya sakitnya apa. pupil mata saya tidak bereaksi lagi terhadap cahaya, dan buram untuk jarak yg dekat, pupil saya juga tampak seperti jadi 2. kira kira itu apa namanya ya dok ?
    Beta Apriliadi  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Beta Apriliadi,

     

    Pada mata normal, pupil diperlukan untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata. Pupil akan bereaksi dengan mengecil pada kondisi cahaya yang terang atau melebar pada kondisi ruangan gelap. 

     

    Pada beberapa keadaan dimana terjadi kerusakan pada persarafan mata seperti pada glaukoma, atau adanya cidera pada mata atau adanya tumor pada otak maka dapat menyebabkan hilangnya refleks pupil pada mata. Selain itu pada infeksi mata yang berat seperti endoftalmitis, atau panoftalmitis juga dapat memberikan hilangnya refleks pada pupil.

     

    Hilangnya refleks cahaya pada pupil tentu mengganggu fungsi penglihatan karena jumlah cahaya yang masuk tidak dapat diatur oleh mata. Sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata tempat anda melakukan pemeriksaan sebelumnya sehingga dapat diketahui penyebab dari hilangnya refleks cahaya pada mata anda melalui pemeriksaan fisik sehingga dapat dilakukan penanganan terhadap keluhan yang anda alami.

     

    Selain itu, hindarilah penggunaan obat yang digunakan pada mata untuk mencegah efek samping yang dapat terjadi pada mata. Anda diharapkan juga tidak mengendarai kenderanan (menyetir) kendaraan bermotor sendiri. 

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi