Tanya Dokter

  • Pusar bayi menonjol ke luar

  •  July Asih
    Anggota
    Alodokter.saya mau tanya dok anak saya baru berusia satu bulan tujuh belas hari dan pusar anak saya itu keluar dok..menonjol gitu,apa karna waktu putus tali pusar nya itu berdarah ya dok makanya sekarang pusar nya menonjol kluar bahayax kah dok klo seperti itu.apa kah nanti mau kmbali normal.

    Halo July Asih, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Pusar bayi yang menonjol bisa disebabkan karena 2 kemungkinan, pertama bayi anda memang memiliki pusar menonjol atau yang disebut dengan pusar bodong, kedua bayi anda mengalami kondisi yang disebut hernia umbilikalis. 

    Pusar bodong dapat terjadi karena pertumbuhan jaringan parut di sekitar pusar bayi yang berlebihan. Kondisi ini normal, dapat terjadi pada sebagian kecil bayi, dan tidak akan menimbulkan gangguan apapun pada bayi.

    Hernia umbilikalis dapat terjadi karena terdapat area yang lemah di otot di sekitar daerah pusar bayi yang dapat terdorong oleh cairan, lemak, ataupun usus bayi. Kondisi hernia umbilikalis cukup sering terjadi pada bayi dan sebagian besar tidak berbahaya. Hernia umbilikalis dapat menutup sendiri saat bayi berusia 12-18 bulan, atau bila hernia cukup besar, dapat menutup lebih lama yaitu sekitar usia 4-5 tahun. Bila setelah usia 4-5 tahun kondisi hernia tidak membaik sendiri, maka kemungkinan besar hernia tidak akan menutup sendiri hingga anak dewasa.

    Pada sebagian kecil kasus, hernia umbilikalis dapat menimbulkan gangguan tertentu pada bayi. Bila menimbulkan gangguan tertentu pada bayi, maka hernia umbilikalis dapat dikoreksi dengan tindakan operasi. Bila bayi anda mengalami gejala-gejala berikut ini segera bawa bayi anda ke dokter:

    1. Bayi tampak kesakitan
    2. Bayi mengalami muntah-muntah hebat
    3. Tonjolan di pusar bayi tampak berubah warna menjadi kemerahan atau kebiruan, bengkak, dan nyeri

     

    Sekian informasi dari saya, semoga dapat menjawab

     

    dr. Irna Cecilia